Not Cinderella’s Type (2018)

Not Cinderella’s Type adalah film drama romansa remaja Amerika. Film ini rilis pada 20 Februari 2018. Film Not Cinderella’s Type diangkat dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Jenni James, Film disutradarai oleh Brian Brough dan ditulis oleh Jenni James dan Brittany Wiscombe.

Membaca judulnya, kita bisa sedikit menebak-nebak tentang isi cerita dan akhirnya seperti apa. Dalam beberapa bagian cerita Not Cinderella’s Type dibuat mirip dengan cerita dongeng Cinderella, akan tetapi konflik dan penyelesaian cerita Not Cinderella’s Type jauh berbeda dengan cerita dalam dongeng. Not Cinderella’s Type lebih mengangkat salah satu isu nyata yang terjadi dalam realita kehidupan.

Not Cinderella’s Type mengisahkan tentang Cindy Ella Zimmerman atau dipanggil Indy (Paris Warner), yang hidup bersama pamannya, David (Ben Hopkin), dan bibinya, Clarise (JJ Neward), juga 2 anak mereka; Jayda (Mary Neville) dan Kaithlyn. Sejak ayah Indy meninggal dunia kemudian disusul oleh ibunya pada usia Indy 10 tahun, ia harus hidup bersama keluarga itu.

Tinggal bersama keluarga paman dan bibinya, membuat Indy hidup tak layaknya seperti remaja pada umumnya. Ia diperlakukan sangat buruk oleh semua anggota keluarga tersebut. Indy tidur di loteng, harus membuat sarapan pagi dan memasak, membersihkan rumah, dan tak diberi fasilitas apapun selain sekolah. Kasarnya, Indy diperlakukan seperti pembantu dalam rumah itu.

Romansa dalam cerita ini sangat normal buat ukuran remaja. Malah saya bilang cukup polos, dalam artian baik. Indy yang baik hati disukai oleh 2 lelaki satu sekolahnya, Maxton (Tanner Gillman) dan Bryant Bailey (Tim Flynn). Maxton adalah sahabat dan satu-satunya temen Indy yang mau berteman dengannya. Sedangkan Bryant adalah laki-laki tampan incaran sepupu Indy, Jayda dan Kaitlyn, dan anak seorang dokter yang bernama Dr. Bailey (Scott Christopher), juga guru di sekolah itu.

Sebelum insiden penabrakan kucing Indy hingga tewas, Bryant tak pernah sekalipun bicara dan melihat Indy. Namun sejak kejadian itu, Bryant meminta maaf dan terus meminta maaf sampai Indy memaafkannya. Pada akhirnya Indy memaafkan Bryant, mereka berbincang-bincang dan Indy menceritakan banyak hal tentang hidup yang ia jalani. Indy nampak tak ada pilihan dengan jalan hidupnya. Ia mengatakan pada Bryant:

Bad things happen to people. That’s the world works, right?!”

Karakter Bryant dalam Not Cinderella’s Type sedikit mengecoh saya. Saya pikir Bryant adalah tipikal bad boy karena tampangnya yang keren dan hanya ingin memanfaatkan kebaikan dan kepolosan Indy. Tapi ternyata saya salah.

Seperti yang saya utarakan sebelumnya bahwa cerita Not Cinderella’s Type bukan seperti dongeng cerita Cinderella atau cerita yang mengangkat tema yang sama. Film ini mengangkat isu emotional abuse atau pelecehan emosional yang dilakukan oleh paman, bibi, dan 2 sepupunya pada saat Indy tinggal bersama mereka.

Klimaks dan akhir cerita Not Cinderella Type sangat emosional tapi juga hangat.

Secara keseluruhan, jalinan cerita Not Cinderella’s Type sangat simpel akan tetapi cukup menarik. Karena ceritanya yang tak berat dan berlebihan, saya rasa film ini cocok untuk tontonan para remaja.

Nilai: 4/5