Aliens Ate My Homework (2018)

Aliens Ate My Homework merupakan film keluarga, komedi, fiksi ilmiah Amerika. Film ini diangkat dari novel seri pertama yang ditulis oleh Bruce Coville dengan judul Rod Allbright and The Galactic Patrol. Alien Ate My Homework rilis pada 6 Maret 2018. Film ini disutradarai oleh Sean McNamara (yang juga bermain dalam film ini), dan ditulis oleh Garfield Reeves-Stevens dan Judith Reeves-Stevens.

Aliens Ate My Homework mengisahkan seorang anak laki-laki 12 tahun, Rod Allbright (Jayden Greg), yang sedang mengerjakan tugas sains “kedatangan tamu” kecil; Kapten Grakker (Dan Payne) dan Madam Pong (Tristan Risk). Mereka adalah para alien dengan bentuk tubuh seperti mainan anak-anak yang datang ke bumi untuk mencegah bencana yang akan terjadi di bumi. Rod tinggal bersama ayah, ibu Gwen Allbright (Kirsten Robek), 2 adiknya; Eric Allbright (Christian Convery) dan Linda Allbright (Carmella Nossa Guizzo), dan sepupunya, Elspeth McMasters (Lauren McNamara), yang tinggal sementara di rumahnya. Namun entah karena alasan apa, ayahnya pergi meninggalkan rumah pada saat halilintar menggelegar pada malam hari.

Kedatangan para alien ke rumah Rod tak boleh ada satu orang pun mengetahui tentang keberadaannya selain dua adik Rod, Eric dan Linda. Namun Elspeth yang agak rese dan usil, mencurigai bahwa Rod sedang menyembunyikan sesuatu. Dan kecurigaannya terbukti. Ia menemukan keberadaan alien tersebut.

Rod dan Elspeth adalah saudara sepupu yang tak terlalu akur. Itu disebabkan oleh karakter Elspeth yang sedikit menyebalkan dan manja. Namun ada alasan yang membuat Eslpeth bersikap seperti demikian, karena hubungan kedua orangtuanya yang tak baik. Pada saat melihat foto keluarga Rod, kepada Gwen, ia mengatakan:

Adults have a lot of secrets. My mom dan dad, they think that I don’t know what’s going on, but I do. (Orang dewasa memiliki banyak rahasia. Ibu dan ayahku, mereka pikir aku tak tahu apa yang sedang terjadi, tapi aku tahu).

Namun keberadaan para alien itu justru membuat Rod dan Elspeth menjadi akur. Mereka membantu misi yang harus mereka lakukan oleh para alien.

Cerita Alien Ate My Homework bagus dan baik untuk referensi tontonan anak-anak. Dari menit awal film ini sudah nampak sangat sains dan kreatif pada saat ayah Rod bercerita dengan media benda-benda yang dibentuk semirip mungkin seperti benda langit, juga projek-projek sains yang dilakukan oleh sahabat Rod, Mickey (Sean Quan).

Hampir sepanjang film, cerita Aliens Ate My Homework menyajikan materi, teori, dan praktek tentang sains. Sejatinya semua itu adalah sesuatu yang baik disajikan untuk anak-anak. Akan tetapi sayangnya cerita ini tak memasukkan unsur aksi lucu atau sedikit menegangkan khas anak-anak.

Jadi, bagi saya, cerita film ini sedikit membosankan dan terlalu serius. Namun terlepas dari alasan di atas, secara keseluruhan film ini bagus dan baik untuk ditonton oleh anak-anak.

Nilai: 3.8/5