Sugar Mountain (2016)

Kebohongan akan tetap menghasilkan hal buruk meskipun niatnya untuk melakukan kebaikan demi seseorang atau sesuatu.

Kata-kata itu yang saya simpulkan setelah menonton Sugar Mountain.

Film drama thriller Amerika ini mengisahkan tentang 2 bersaudara, Miles West (Drew Roy) dan Liam West (Shane Coffey) yang tinggal di Sugar Mountain, Alaska. Dalam keadaan tak punya cukup uang dan ibu mereka membutuhkan uang untuk biaya pengobatan penyakitnya, Miles dan Liam, juga kekasih Miles, Lauren Huxley (Haley Webb), merencanakan membuat cerita yang sengaja mereka setting tentang pengalaman mereka mendaki daerah hutan dan pegunungan sekitar Alaska. Kemudian cerita itu akan mereka jual ke media massa atau elektronik dengan harga tinggi.

Liam dan Miles memulai rencananya dengan mendaki gunung, di pertengahan jalan mereka berkelahi, lalu Miles hilang. Kemudian Liam turun gunung dan menceritakan apa yang telah terjadi pada awak media yang datang mewawancarainya. Semua bantuan dikerahkan untuk mencari keberadaan Miles, termasuk polisi setempat yang juga ayah Lauren, Jim Huxley (Cary Elwes), yang terus menginterogasi Liam atas hilangnya Miles.

Melalui petunjuk-petunjuk yang didapat dari hasil interogasi dan penyelidikan Jim, ia tahu bahwa apa yang Liam dan Miles lakukan adalah sesuatu yang sengaja mereka buat. Dan sial untuk Miles dan Liam bahwa apa yang mereka rencanakan justru di luar rencana mereka. Rencana mereka tidak berjalan dengan semestinya. Miles benar-benar tersesat.

Dari awal dan sebelum klimaks, meskipun cerita Sugar Mountain tidak terlalu intens, akan tetapi cukup membuat penonton menunggu pembenaran cerita yang benar-benar terjadi pada Miles atas rencananya bersama Liam dan Lauren.

Setelah beberapa kebohongan dan rahasia terungkap di akhir cerita, saya pikir terdapat pesan moral dalam film ini bahwa:

Tak ada kebohongan atas alasan apapun yang hasilnya baik. Kebohongan akan selalu membuat kepercayaan tak terbangun dengan sempurna.”

Sugar Mountain disutradarai oleh Richard Gray dan ditulis oleh Abe Pogos. Sugar Mountain rilis pada 9 Desember 2016. Pengambilan dan pengerjaan film ini dilakukan pada 10 Maret 2014 dan berakhir pada 18 April 2014. Lokasi film ini awalnya diambil di Australia, namun pembuat film menemukan lokasi yang sangat cocok untuk film ini yaitu di Alaska.

Nilai: 2.5/5