Nostalgia (2018)

Nostalgia merupakan film drama Amerika yang diangkat berdasarkan cerita Alex Ross Perry dan Mark Pellington. Film ini juga disutradarai dan ditulis oleh Alex Ross Perry dan Mark Pellington. Nostalgia rilis di Amerika pada 16 Februari 2018. Film ini dibintangi oleh John Ortiz, Amber Tamblyn, Jon Hamm, Ellen Burstyn, Cathrine Keener, Nick Offerman, James LeGros, Annalise Basso, dan lain-lain.

Nostalgia mengisahkan tentang penggalan-penggalan cerita tentang cinta dan kehilangan yang akan selalu terhubung melalui benda-benda dan hal-hal yang masih tersimpan rapi di sudut ruang atau suatu tempat. Benda-benda seperti surat, kata-kata, foto-foto, dan seseorang seperti pengingat bagi mereka yang masih hidup dan sudah tiada.

Sesuai dengan ide cerita yang hanya menceritakan penggalan cerita, Nostalgia menyajikan 3 kepingan cerita yang berbeda di dalam film ini. Maksudnya, dalam film ini terdiri dari 3 cerita, yang mana satu dan beberapa karakter tidak berhubungan dengan karakter lain dalam satu cerita. Bisa dibilang, tak ada tokoh protagonis atau pun antagonis dalam film ini. Jadi, Nostalgia hanya mengisahkan tentang-tentang hal-hal yang mengingatkan seseorang kepada orang yang mereka sayangi melalui benda-benda peninggalannya. Namun hanya ada satu karakter penghubung dari satu kisah ke kisah lain yaitu Daniel Coleman (John Ortiz), seorang agen asuransi.

3 kisah yang diangkat dalam Nostalgia adalah kisah sederhana namut sangat emosional dan mewakili kisah-kisah yang terjadi di dunia nyata pada hampir semua orang. Dalam film ini ada beberapa kata-kata yang juga merepresentasikan perasaan tentang hal yang berhubungan dengan nostalgia.

Every story had a detail that I’ve never heard before. Every person I talk to, I learn something new. Setiap cerita memiliki rincian yang tak pernah aku dengar sebelulumnya. Setiap berbicara dengan seseorang, aku belajar sesuatu yang baru).”

These are our reminder of our lives of many forms of emotional, physical. These are our artifacts, our scars, objects, memories, items that detachable, memorable. We live our lives and ask, “What do we live behind?” When we look at the pictures long enough, they reappear. What is the value of anything? And what we hold in the hand would be the same as what we hold in our heart?”

Love and reminder, hold it. It may be all you had left. Let it shine in you and let it find you. Let it through that small unseen possibility. Grab the arms surround you to take you home.”

Nilai: 4/5