Status Update (2018)

Bila aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan aplikasi lainnya hanya bisa membagi status atau gambar, namun apa jadinya jika suatu aplikasi mampu membuat apa yang kita tulis menjadi nyata?! Pastinya sangat amat menyenangkan.

Ide cerita itu lah yang diangkat ke dalam film Status Update. Film ini mengisahkan seorang pemuda, Kyle Moore (Ross Lynch), yang baru pindah sekolah ke Hayden Senior High School, Connecticut. Hampir seperti film-film remaja lainnya, yang selalu ada anak-anak yang jahil, sok terkenal dan berkuasa, juga populer, hal itu juga berlaku di film ini.

Meskipun Kyle bukan tipikal pemuda yang cupu alias culun punya dan canggung (gayanya termasuk keren menurut saya), akan tetapi ia tetap menjadi incaran kejahilan salah satu teman sekelasnya, Derek Lowe (Gregg Sulkin), yang terkenal dengan permainan hokinya yang bagus. Derek bersama teman satu geng-nya menjahili Kyle. Ia mengambil telepon seluler yang sedang Kyle pegang dijadikan sebagai puck atau bola hoki hingga membuat telepon selulernya retak dan beberapa bagiannya terpisah.

Kyle mendatangi suatu Mall dengan membawa telepon selulernya yang rusak untuk diperbaiki. Melihat satu tempat yang menjual dan memperbaiki telepon seluler, Kyle langsung mendatangi tempat itu. Dilayani oleh si pemilik toko, yang berjanggung lebat, memiliki gaya rambut yang aneh dan unik, dan lucu, Kyle disarankan untuk mengganti telepon selulernya dengan yang baru karena telepon seluler yang ia miliki benar-benar rusak. Si pemilik toko langsung memberikan sebuah aplikasi yang bernama U-niverse yakni kepanjangan dari Youniverse, lalu mengatakan.

We are energy. All we have to do is to sour.”

Awalnya Kyle ragu untuk mencoba aplikasi tersebut. Namun akhirnya ia mencoba menulis sebuah status di kolom kosong aplikasi itu. Ia menulis keinginan bahwa ayahnya, Darryl Moore (Riggle), yang sedang berada di California dan hampir bercerai dengan ibunya, Ann Moore (Wendi McLendon-Covey) datang menemuinya. Dan keesokan harinya, Kyle sangat terkejut ketika ayahnya benar-benar datang ke rumahnya. Status tulisan Kyle menjadi nyata.

Karakter Darryl Moore sangat lucu (memiliki sifat humor yang tinggi yang natural) dan sangat supportive pada Kyle. Tak heran bila Kyle tak bisa jauh dari ayahnya.

Belum sepenuhnya percaya pada aplikasi U-niverse, Kyle meng-update status baru. Ia mengikuti audisi bernyanyi. Dan, dalam sekejap, tanpa memiliki vokal yang bagus dan terlatih, ia mampu menyanyikan lagu klasik dengan suara serioasa yang sangat tinggi.

Tak bisa mengembalikan suara seriosanya, Kyle mendatangi toko itu. Buk8n memberikan solusi, Sang pemilik toko malah mengatakan:

We can’t change the past. Universe changes thousand times every second. You’ve got to update your status.”

Seperti tak ada pilihan lain, Kyle hanya mendengarkan kata-kata sang pemilik toko, dan mengatakan:

Update my status, universe will help me.”

Di setiap momen, Kyle selalu meng-update status ketika ia ingin menjadi dan melakukan sesuatu. Karena aplikasi itu, semua keinginan Kyle menjadi nyata. Dari ayahnya yang kembali, ia berhasil mendekati Dani McKenzie (Olivia Holt) seorang gadis yang ia suka, bergabung dalam band, mampu bermain hoki, sampai menjadi terkenal di sekolah.

Semua orang di sekolah mengidolakan Kyle. Seolah sedang berada di “atas angin”, beberapa orang memanfaatkan Kyle, salah satunya Derek dan kekasihnya, Charlotte Alden (Courtney Eaton). Di satu momen, U-niverse menjadi bumerang buat Kyle. Ia mulai dijauhi sahabatnya, Lonnie Gregory (Harvey Guillen), dan Dani, seorang gadis yang ia suka sejak pertama kali masuk ke sekolah itu.

Ketika Kyle mengalami kekacauan yang ia perbuat karena aplikasi itu dan status-statusnya di sosial media, ia tak ingin ke sekolah. Ann, ibu Kyle yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya menguatkan Kyle dan mengatakan:

Social media, that stuff isn’t real, you know that. It just everybody highlight they want them to see. It’s bullshit. Bullshit with filters on it to look pretty.”

Ide cerita Status Update cukup menarik buat saya. Film yang bergenre drama, komedi, sedikit musikal ini memiliki jalan cerita sederhana, tak berat, dan pas untuk ukuran cerita remaja. Hal positif yang saya tangkap dari cerita film ini adalah melihat remaja yang aktif dengan mencoba banyak hal. Sedangkan hal negatif nya yaitu, aplikasi itu membuat Kyle menjadi ketergantungan, tidak ada usaha, dan akhirnya menjadikan segala sesuatunya tak masuk akal. Cerita Status Update seperti memberi pesan moral pada saya (penonton):

Segala sesuatu yang ingin kita gapai membutuhkan kerja keras, proses, dan perjuangan. Just be yourself, whatever and whoever you are. Sometimes we can’t get and have everything we want in this universe.”

Status Update merupakan film yang bergenre drama, komedi, fantasi. Film ini rilis di Amerika pada 30 Maret 2018. Status Update disutradarai oleh Scott Speer dan ditulis oleh Jason Filardi.

Nilai: 3.8/5