The Body Tree (2017)

The Body Tree merupakan film bergenre horor thriller. Film ini rilis di Amerika pada 13 November 2017. The Body Tree disutradarai oleh Thomas Dunn dan ditulis oleh Thomas Dunn dan Mikhail Kukushkin.

The Body Tree menceritakan tentang sekelompok orang Amerika: Alice (Eilza Dasher), Sandra (Emma Dumont), Mike (Kyle Jones), Helen (Ivana Sakhno), Rez (Sam Hamill), Dan (Mason D. Davis), Eric (Alex Sparrow), Tony (Michael Cardelle), Brandon (Chris Petrovski), dan profesor Jeff (Mark Borkowski), yang melakukan perjalanan ke Siberia, Rusia, melewati gunung Altai untuk merayakan setahun kematian teman mereka, Kara (Ana Flavia Gavlak), yang tewas ditusuk. Mereka datang ke rumah kakak laki-laki Kara, Sergei (Costa Ronin).

Namun hingga sampai setahun kematian Kara, belum juga terungkap siapa pelaku yang membunuh Kara. Hal itu yang menjadi konflik dalam film The Body Tree. Mayat Kara belum dikubur sebelum ditemukan siapa yang membunuhnya. Roh nya masih dalam kebingungan karena tewas dalam tindakan kekerasan. Meskipun begitu, dalam cerita film ini tak ada satupun penampakan arwah Kara yang menghantui teman-temannya.

Di malam setelah upacara setahun kematian Kara dan ritual voodoo Altai yang dilakukan sang “dukun”, Piotr (Gene Farber) hingga membuat boneka Kara melayang, profesor Jeff mengatakan pada sekelompok orang tersebut bahwa gunung Altai adalah merupakan salah satu tempat spiritual yang memiliki penyembuhan, magic, dan energi yang kuat. Menurut penelitian lapangannya di Tibet Mongolia bahwa ada sesuatu yang tak bisa dijelaskan dengan hukum alam. Bahwa Altai memberi tahu kita jika alam semesta memiliki lapisan. Tingkat surga dan tingkat dunia bawah. Dan Piotr baru saja membuka gerbangnya. Pertanyaannya adalah ke arah mana? Semuanya adalah energi. Energi gelap, energi terang. Dan itu maju mengalir maju mundur. Dan saat kau berkomunikasi dengan dunia roh, itu tak hanya menerima pesan, tapi juga mengirim pesan. Itu lah yang saat ini terjadi, sebuah pesan.

Membaca judul film The Body Tree, mendengarkan musik pembukaan, dan gambar-gambarnya terasa sangat menyeramkan dan mistis sekali, tapi sayangnya jalan ceritanya tak seseram itu menurut saya. Namun gunung Altai yang ditunjukkan di awal cerita sungguh sangat amat cantik dan indah.

Yang menyeramkan dalam film ini hanya upacara yang disebut upacara langit hitam dan ritual voodoo Altai sang “dukun” ketika memanggil roh Kara untuk bergabung dengan makhluk yang masih hidup dengan media boneka yang memakai gaun yang terakhir kali Kara pakai. Selebihnya, sama seperti film-film yang mengungkapkan suatu pembunuhan yang pembunuhnya adalah salah satu di antara orang-orang yang mereka kenal. Kemudian terdapat adu argumen, membuat alibi, adu fisik, hingga satu per satu dari mereka tewas. Dan, inti dari keseluruhan cerita The Body Tree adalah tentang cinta dan kecemburuan, hingga berakhir suatu pembunuhan.

Nilai: 2/5