Backstreet Boys

Di tahun 1990an, industri musik dunia dikuasasi oleh banyak groupband, girlband dan boyband yang berasal dari Amerika dan Inggris seperti: S Club 7, The Corrs, Destiny’s Child, Atomic Kitten, Nsync, Backstreet Boys, Blue, Westlife, Plus One, Michael Lern To Rock (MLTR), Steps, 98 degrees, dan mungkin masih banyak lagi. Itu hanya beberapa grup band yang saya ingat.

Di tahun 2005 – 2010an, band-band di atas mulai tenggelam dan hampir tak terdengar gaungnya. Industri musik boyband dan girlband mulai dikuasasi dan dimeriahkan oleh boyband dan girlband asal Korea. Barangkali hanya One Direction satu-satunya boyband asal Inggris yang bisa masuk ke pasar dunia, termasuk Indonesia.

Sumber foto: Wikipedia

Kembali ke tahun 90an, salah satu boyband asal Amerika, Backstreet Boys, adalah salah satu boyband terbaik dunia. Hampir semua single dan album mereka merajai tangga lagu dunia. Grup vokal yang beranggotakan Nick Carter, Brian Littrell, Alexander James atau A.J Mclean, Kevin Richardson, dan Howie Dorough ini berasal dari Orlando, Florida, Amerika Serikat. Boyband ini terbentuk pada 20 April 1993.

Single pertama mereka yang berjudul We’ve Got it Goin’ On yang rilis pada tahun 1995 meraih kesuksesan bukan hanya di negara mereka, namun negara Eropa dan Asia. Setelah itu lagu-lagu mereka selalu mencetak hits di beberapa negara, seperti: Get Down (You’re the One For Me),  Quit Playin’ Games (With My Heart), As Long As You Love me, Everybody (Bakcstreet’s Back), I Want It That Way, I’ll Never Break Your Heart, Larger than Life, Show Me The Meaning of Being Lonely, The One, Shape of My Heart, More Than That, Drowning, Incomplete, dan masih banyak lagi. Karena lagu-lagu mereka yang selalu hits, grup band ini sempat mencapai penjualan album tertinggi.

Tahun 2006, salah satu anggota Backstreet, Kevin Richardson, memutuskan mengundurkan diri dari grup itu karena ingin fokus mengurus keluarganya. Meskipun tanpa Kevin, Backstreet Boys tetap berjalan dan melakukan tur keliling dunia. Namun pada tahun 2012, Backstreet Boys menyatakan bahwa Kevin Richardson memutuskan kembali ke grup yang melambungkan namanya tersebut. Pada tahun 2013, Backstreet Boys mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame.

Dan, di bulan April tahun 2018 ini, Backstreet Boys merayakan ulang tahun band mereka yang ke 25 tahun. Untuk merayakan hari jadi tersebut, mereka menggelar salah satu tur konser mereka di Dubai beberapa waktu lalu. Menonton konser mereka lewat YouTube, bagi saya nampak tak ada yang berubah dari segi suara dan performa mereka. Bila dilihat dari segi fisik tentu terdapat beberapa perubahan, lebih mature dan tambah kece. Histeris para penonton yang didominasi para wanita di tempat itu membuktikan bahwa mereka masih sangat diminati dan dicintai para penggemar setia mereka. Dalam konser tersebut Backstreet Boys menyanyikan lagu-lagu hits mereka. Meskipun hanya menonton lewat layar laptop, saya bisa merasakan euforia para penonton di tempat itu dan ikut bernyanyi bernostaligia 🙂