Fishbowl California (2018)

Ceroboh, konyol , menyebalkan, pengangguran, dan pembohong adalah kesan pertama saya tangkap terhadap karakter Rodney (Steve Olson) dalam film Fishbowl Califonia. Rodney adalah laki-laki yang tak memiliki pekerjaan dan tujuan hidup. Ia hidup bersama kekasihnya, Tess (Katrina Bowden). Karena karakter Rodney tersebut, dari beberapa interview yang ia lakukan tak satu pun yang mau menerimanya sebagai karyawan.

Kemudian hidup Rodney menjadi semakin kacau ketika kekasihnya ternyata telah selingkuh selama berbulan-bulan. Setelah itu, Rodney bukan hanya menjadi pengangguran, ia juga menjadi tunawisma. Hidupnya luntang-lantung, hanya laptop dan mobil yang tak selalu bisa diajak kompromi yang menemaninya. Saking miskin-nya, Rodney mencuri aliran listrik dari salah satu rumah seorang janda paruh baya yang suka minum minuman keras, June Flemming (Katherine Cortez).

June tentu marah atas ulah Rodney, akan tetapi tak seberapa marahnya. Melihat keadaan Rodney, June mempekerjakan Rodney di rumahnya untuk memotong rumput, bersih-bersih, dan lain sebagainya. Dari bekerja dengan June, hidup Rodney perlahan tercerahkan. Lucunya, setelah Rodney selesai mengerjakan tugasnya di rumah June, mereka belum saling berkenalan. Rodney baru memperkenalkan namanya pada saat berpamitan pada June. Lalu June menjawab:

I thought your name is asshole.”

Karakter June dalam Fishbowl California cukup menarik bagi saya. Ia adalah seorang janda paruh baya yang suka minum minuman beralkohol, keren, gaul, baik, tapi keras kepala. Dalam keadaan sakit, ia tak ingin meminum satu pun pil yang diberikan oleh anaknya, Olivia (Jenna Willis), dengan alasan obat-obat itu tak boleh diminum bersamaan dengan minuman beralkohol. Kata-kata June juga sedikit sarkastik. Salah satunya ketika Rodney menanyakan tentang suaminya.

Rodney: “Where is your husband?”

June: “Dead.”

Rodney: “Shit, I’m sorry. When did he pass?”

June: “Gosh, I hate that word, pass, as if death is as easy as passing gas. It’s stupid.”

Fishbowl California merupakan film Amerika bergenre drama komedi. Film ini rilis di Amerika pada 1 Mei 2018. Fishbowl California disutradarai dan ditulis oleh Michael A. MacRae.

Alur cerita Fishbowl California maju. Cerita film ini dikemas dengan konflik yang sangat sederhana namun memberikan beberapa kejutan di akhir cerita.

Adegan favorit dalam Fishbowl Califonia bagi saya adalah ketika June, Rodney, dan bocah laki-laki yang pintar dan menggemaskan, Charlie (Lukas Krystek), berkumpul di satu meja makan sambil bersenda gurau. Adegan itu sebenarnya biasa saja, namun nampak terlihat hangat dengan menyatukan 3 generasi berbeda dengan kelucuan yang berbeda pula akan tetapi sangat menyatu dan sempurna.

Nilai: 4.3/5