The Cleanse (2018)

The Cleanse merupakan film Amerika bergenre drama, komedi, fantasi. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Bobby Miller. The Cleanse rilis premier pada 13 Maret 2016, dan rilis di Amerika pada 4 Mei 2018.

The Cleanse mengisahkan seorang laki-laki, Paul Berger (Johnny Galecki), yang patah hati karena baru saja putus hubungan dengan tunangannya. Pasca mengalami hal tersebut, Paul nampak sedikit berkelakuan aneh,  namun masih dalam tahap normal. Sebuah iklan di televisi menjadi perhatian Paul ketika ia sedang berbaring di sofanya.

Let’s Get Pure merupakan iklan yang menawarkan retreat ke tempat yang indah dan terpencil untuk membuang racun-racun negatif yang ada dalam tubuh dan pikiran. Siapapun bisa bergabung dan gratis. Paul mendatangi tempat itu. Di dalam sebuah ruangan terdapat beberapa orang yang juga bergabung dengan penawaran tersebut. Dipandu oleh dua pemandu acara itu, Paul dan yang lain mendapatkan sebuah artikel yang ditulis oleh Ken Roberts (Oliver Platt) yang juga selaku direktur tempat itu. Di salah halaman tertulis:

Everything changes. Nothing is permanent.”

We need to know your pain.” Ujar salah satu pemandu Let’s Get Pure.

Paul, Maggie (Anna Friel), dan Eric (Kyle Gallner) dan kekasihnya, Laurie (Diana Bang) menceritakan apa yang mereka rasakan. Mereka berempat terpilih untuk mendatangi tempat retreat tersebut. Dan di tempat inilah proses “the cleanse” atau “pembersihan” berlangsung.

Terdapat 3 tahap yang harus mereka lakukan. Yaitu proses pembersihan, proses eliminasi, dan proses penghentian. Pada proses pertama, mereka harus meminum 4 minuman yang rasanya aneh dan pahit. Dari proses ini yang akan menentukan apakah mereka berhasil atau mati.

Bagi saya, ide cerita film The Cleanse menarik tak menarik. Ketika muncul makhluk kecil lembek seperti cicak (tapi makhluk ini seperti tak berkulit dan lebih halus), sejujurnya saya jijik melihatnya. Akan tetapi, di akhir cerita saya baru mengerti bahwa makhluk itu adalah bagian penting dari proses “pembersihan”.  Makhluk itu seperti simbol “kotoran” atau “racun” yang merefleksikan diri Paul, Maggie, dan Eric yang mampu melewati proses eliminasi.

Nilai: 2.5/5