The Nanny (2018)

The Nanny merupakan film horor misteri Amerika. Film ini disutradarai oleh Joel Novoa dan ditulis oleh Matthew Allen.

Bedtime story yang dibacakan oleh orangtua (ayah) untuk anak di film horor selalu cerita yang sedikit menyeramkan. Begitu pula dengan film The Nanny. Cerita film ini diawali dengan bedtime story yang dilakukan David Quinn (Nicholas Brandon) kepada anak perempuannya, Emma Quinn (Elle Coventry). Meski begitu, David dan istrinya tak menginginkan Emma tumbuh dewasa dengan cepat. Tak lama setelah itu, hal horor dimulai. Asap-asap seperti kabut malam memasuki kamar Emma Quinn, dan Emma Quinn tak lagi berada di kamarnya. Ia diculik oleh sesosok makhluk dan tak tahu dibawa kemana.

Anak-anak yang nampak berperilaku aneh pun selalu menjadi bagian dalam film bergenre horor. 2 bersaudara; Noa (Jaden Harris) dan Michael (Christian Ganiere) memiliki karakter yang tak seperti anak-anak pada umumnya, terutama Michael. Noa adalah kakak perempuan yang cerdas, sensitif, dan mampu menjaga adiknya, Michael, dengan baik. Sedangkan Michael adalah anak laki-laki yang memiliki perilaku aneh. Ia selalu menggambar makhluk-makhluk aneh yang membuat pihak sekolah mempertanyakan hal tersebut. Seorang petugas kepolisian, officer Frank (Nick Gomez) mengatakan sesuatu tentang apa yang Frank lakukan adalah:

It’s a thin line between imagination and troubled. (Hanya ada garis tipis antara imajinatif dan bermasalah).”

Prihatin dengan keadaan Michael yang nampak butuh perhatian, ibu mereka, Anna (Schuyler Fisk), yang merupakan orangtua tunggal yang harus bekerja, memutuskan untuk mencari pengasuh untuk Michael dan Noa. Noa sedikit keberatan dengan ide ibunya, karena ia bisa menjaga adiknya sendiri. Namun Anna berhasil meyakinkan Noa bahwa Michael butuh perhatian. Akan tetapi Anna meminta syarat bahwa pemilihan pengasuh harus melalui vote dan persetujuannya dan Michael.

Sebelum para calon pengasuh datang, Noa sudah memberikan isyarat pada Michael hal-hal apa yang harus mereka lakukan pada saat Anna mewawancarai calon pengasuh yang datang. Bahkan Noa mengatakan,

The only good nanny is no nanny.”

Dari beberapa calon pengasuh yang datang dan mereka wawancara, tak ada satupun yang cocok bagi Noa dan Michael. Hingga suatu malam datang seorang perempuan berbaju hitam bernama Leonor (Jaime Murray) yang mengaku berasal dari Spencer Domestic Agency melamar menjadi pengasuh. Dengan bicaranya yang meyakinkan dan lugas, ia berhasil meyakinkan Anna untuk memberinya kesempatan malam itu juga.

Noa yang peka dan melihat Leonor dengan sayapnya, merasa bahwa Leonor adalah perempuan yang aneh dan sangat misterius. Sayangnya, hal itu tidak dirasakan oleh Anna. Ia membiarkan Leonor mengasuh Noa dan Michael. Noa mencari tahu sendiri tentang siapa Leonor. Dan kemudian terjadi kejutan plot di cerita ini.

Menyaksikan akhir cerita saya masih bingung apakah film The Nanny memiliki twist plot atau tidak. Meskipun pada saat klimaks dan akhir cerita penonton seperti diberi “kejutan” dan menyimpan misteri hingga akhir cerita, namun beberapa bagian cerita dan akhir cerita tak dijelaskan secara detil.

Adegan ketika Elkrog (Robert Zachar), monster atau makhluk jahat yang selalu digambar oleh Michael tiba-tiba muncul dan menculik Michael, menurut saya itu bagian yang sangat random. Maksudnya, apa relevansi makhluk itu yang baru muncul di akhir cerita dengan keseluruhan cerita.

Di akhir cerita, dengan adegan akhir dan suara Leonor yang samar-samar seperti sedang membisikkan kata lewat udara, ia berkata:

Never forget where you came from. In the hidden world lurk dangers yet to come. You must keep your eyes and your spirit open. You must never forget who you truly are.”

Kata-kata itu seperti baris dan bagian penting yang ingin disampaikan dalam film ini.

Nilai: 3.8/5