A Wrinkle in Time (2018)

A Wrinkle in Time merupakan film fantasi petualangan sains Amerika. Film Disney ini diangkat dari novel yang ditulis oleh Madeleine L’engle pada tahun 1962 dengan judul yang sama. Film ini disutradarai oleh Ava DuVernay dan ditulis oleh Jennifer Lee. A Wrinkle in Time dibintangi oleh Reese Witherspoon, Oprah Winfrey, Chris Pine, Levi Miller, Rowan Blanchard, Mindy Kaling, Storm Reid, Deric McCabe, dan lain-lain. Film ini rilis pada 9 Maret 2018.

A Wrinkle mengisahkan tentang seorang anak perempuan 13 tahun, Meg Murry (Storm Reid) dan adiknya, Charles Wallace (Deric McCabe), yang berjuang mencari ayahnya, Alexander Murry (Chris Pine) yang hilang secara misterius ketika sedang mempelajari ilmu atrofisika. Alex dan istrinya, Kate murry (Gugu Mbatha-Raw), adalah seorang ilmuwan yang sedang mempelajari bagian astronomi tentang benda-benda angkasa dari sudut ilmu alam dan ilmu kimia. Alex sangat berambisi untuk menyentuh bintang, membuka alam semesta, dan mencari asal usulnya.

Sejak ayahnya menghilang, Meg menjadi anak yang agresif, kasar, dan berulah di sekolah. Hal itu membuatnya menjadi bahan ejekan teman perempuan sekelasnya, Veronica Kiley (Rowan Blanchard), yang juga tidak menyukainya. Namun tidak dengan Calvin (Levi Miller), laki-laki populer di sekolahnya. Ia justru mendekati Meg karena kepribadian dan rambutnya yang unik. Calvin menyukai rambut Meg yang keriting seperti spiral.

Charles Wallace adalah seorang anak yang sangat cerdas. Suatu malam, Charles dan Meg kedatangan seorang “tamu”, Ms. Whatsit (Reese Witherspoon). Ia adalah makhluk yang berasal dari semesta. Charles sangat menyambut kedatangannya seolah dia telah mengundangnya datang, namun tidak dengan Meg yang merasa aneh melihat sosok itu.

Keesokan harinya, Charles mengajak Meg juga Calvin ke suatu rumah kosong tua dan tak terawat yg nampak tak aman untuk dimasuki. Di dalam rumah tersebut terdapat sosok seperti Ms. Whatsit, dengan nama Mrs. Who (Mindy Kaling). Dan ketika mereka sedang berada di halaman rumah mereka, muncul satu sosok lagi yaitu Mrs. Which (Oprah Winfrey).

Tiga sosok tersebut membantu Meg mencari ayahnya. Dengan kekuatan dan petunjuk yang mereka miliki, Meg, Charles, dan Calvin berpetualang menembus ruang dan waktu. Dari Uriel (tempat yang sangat indah), Camazots (rumah energi jahat), Arian (tempat medium bahagia), kemudian kembali lagi ke Camazots karena di tempat itu lah ayah Meg dan Charles tertawan.

Tidak seperti hampir sebagian film Disney yang menyajikan cerita dongeng, sebagian cerita dalam film A Wrinkle in Time lebih kepada fiksi sains. Meskipun begitu, film ini tidak menghilangkan ciri khas film-film Disney, seperti kostum, fantasi, tempat-tempat yang sangat indah, imajinatif, dan kata-kata motivasi dan inspiratif.  Akhir cerita film produksi Disney ini tentu sudah bisa ditebak dong. ?

Melihat jalan ceritanya yang ringan tapi berat atau berat tapi ringan (tergantung dari sudut pandang yang menonton), film ini layak ditonton untuk segala usia atau tontonan untuk keluarga.

Nilai: 3/5