Samui Song (2017)

Samui Song merupakan film drama Thailand. Film ini disutradarai oleh Pen-Ek Ratanaruang. Samui Song rilis di Amerika pada 14 Oktober 2017.

Samui Song mengisahkan tentang seorang wanita, Viyada atau Vi (Laila Boonyasak), yang bekerja sebagai artis opera sabun atau pemain sinetron. Perlahan, ia mendapat tekanan hidup yang disebabkan oleh suaminya, Jerome Beaufoy (Stephane Sednaoui), yang mengikuti suatu kultus. Kultus tersebut diberi nama Buddhakaya. Tidak seperti ajaran Budha yang baik dan luhur, ketua pimpinan boleh meniduri istri orang dan para anggotanya boleh meminum bir juga mendengar musik.

Tak tahan dengan perilaku suami dan ritual-ritual aneh yang dipimpin oleh ketua kultus (Vithaya Pansringarm), Vi melarikan diri dari rumah, dan mengalami kecelakaan.Meskipun kerusakan mobilnya terlihat parah, beruntung bagi Vi bahwa ia hanya terluka ringan di bagian kepala.

Seorang laki-laki, Guy Spenser (David Asavanond), memperhatikan Vi yang sedang melamun dengan perban di kepalanya yang berada di seberang mejanya. Vi beranjak dari tempat duduknya menuju tempat parkir untuk merokok. Guy seperti mengikuti Vi. Dengan berpura-pura meminjam korek api pada Vi, Guy mulai berbasa-basi menyapa Vi dan berbicara tentang merokok,

Sebelum terkena penyakit paru-paru, kita terkena stigma sosial terlebih dahulu dengan terbuang di parkiran untuk bisa merokok.

Pada pertemuan Vi dan Guy selanjutnya, Vi akhirnya mengatakan dan menceritakan kepada Guy apa yang sedang terjadi dan masalah yang sedang ia alami. Guy yang sedang membutuhkan uang untuk pengobatan ibunya yang tak bisa bangun dari tempat tidurnya, menyarankan Vi untuk menghabisi hidup Jerome dengan tangannya.

Tanpa pikir panjang, Vi menyetujui ide Guy dan merencanakan pembunuhan suaminya. Dengan memakai penutup kepala hitam, Guy menjalankan tugasnya. Pelan-pelan ia masuk ke studio tempat Jerome bekerja, lalu memukul kepala Jerome berkali-kali dari belakang.

Telah yakin bahwa Jerome telah tewas, Guy meninggalkannya kemudian duduk dengan tenang sambil menonton TV di sofa rumah Vi. Namun nahas bagi keduanya, Jerome ternyata masih hidup dan berhasil melarikan diri dengan luka kepala yang sangat parah.

Setelah Jerome mengalami koma selama sebulan dan dinyatakan meninggal, Vi memulai babak hidup baru, sedangkan Guy menjadi buronan dan selalu mencari cara melarikan diri dari kejaran polisi.

Jalan cerita Samui Song seperti terputus-putus. Terdapat beberapa bagian cerita yang tak jelas adegan maknanya apa. Akhir cerita film ini memiliki akhir cerita yang tak terduga, but a bit doesn’t make sense for me. Dari cerita awal sampai hampir akhir cerita, saya menyimpulkan bahwa kultus tersebut telah memberi banyak petaka, kebencian, dan pembunuhan atas apa yang dialami Vi. Namun ketika melihat akhir cerita adegan film ini, saya hanya bisa bilang “Hah?!?”.

Nilai: 1.5/5