Unsane (2018)

Unsane merupakan film horor thriller psikologikal Amerika. Film ini rilis pada 23 Maret 2018. Unsane disutradarai oleh Steven Soderbergh, ditulis oleh Jonathan Bernstein dan James Greer. Film ini dibintangi oleh Claire Foy, Joshua Leonard, Jay Pharoah, Juno Temple, Amy Irving, dan lain-lain.

Unsane mengisahkan tentang seorang wanita, Sawyer Valentini (Claire Foy), yang merasa hidupnya telah diintai oleh seseorang, David Strine (Joshua Leonard), selama 2 tahun. Untuk mendapatkan bantuan, ia mencari instansi kesehatan yang berada dekat kantor dan tempat tinggalnya.

Dari hasil pencarian di internet, ia menemukan Highland Creek Behavioral Health Facility, Pensylvania. Sebelum berangkat kerja, Sawyer mendatangi tempat itu. Niatnya hanya untuk berkonsultasi sebentar, Sawyer justru dimasukkan ke ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa orang yang mengalami gangguan jiwa.

Sawyer yang merasa dirinya baik-baik saja, meyakinkan seorang konselor dan dokter bahwa ia hanya ingin sekadar berkonsultasi tentang apa yang sedang ia alami. Namun karena sebuah tanda tangan yang ia berikan pada sebuah kertas telah membuatnya setuju untuk dirawat selama 24 jam.

Selama berada di tempat itu, Sawyer selalu berontak atas perlakuan suster dan petugas. Dua kali ia melakukan kekerasan. Hal itu membuat keadaannya makin memburuk dan menjadi bukti bahwa ia pantas berada di rumah sakit jiwa tersebut. Sementara bukti penguntitan yang ia laporkan sama sekali tak ada bukti.

Masalah Sawyer terus berlanjut. Setiap pasien, harus berbaris meminum pil yang disediakan oleh pihak rumah sakit. Dosis pil tersebut ditentukan oleh seorag dokter, dan ternyata dokter itu adalah David Strine, si penguntit Sawyer. Sawyer mengatakan pada konselor dan dokter rumah sakit bahwa David lah yang menguntitnya selama 2 tahun. Namun tak ada satupun dari mereka yang mempercayainya.

Sawyer masih terus berusaha mencari bantuan. Ia menghubungi ibunya, Angela Velentini (Amy Irving), untuk membantunya mengeluarkan dari tempat itu. Namun sayangnya usahanya sia-sia. Angela tak bisa berbuat apa-apa ketika pihak rumah sakit berhasil meyakinkan Angela bahwa Sawyer harus tinggal di tempat itu sesuai dengan ketentuan yang ada.

Salah satu pasien di ruangan tersebut, Nate Hoffman (Jay Pharoah), yang belakangan diketahui sebagai jurnalis yang sedang menyamar di tempat itu, memahami atas apa yang dirasakan oleh Sawyer. Ia mengatakan pada Sawyer bahwa rumah sakit ini melakukan bisnis dengan pihak asuransi yang digunakan oleh Sawyer, semacam cara upaya rumah sakit jiwa tetap berdiri. Jadi, semua orang sehat yang datang ke tempat itu dibuat sakit.

Melihat Sawyer berbicara dengan Nate, David merasa cemburu. Pada saat sedang berada di toilet, David memukul Nate hingga tak sadarkan diri lalu membawanya ke suatu ruangan, dan menghabisinya dengan alat kedokteran hingga tewas. Sementara Sawyer, dikurung di satu ruangan oleh David. Di bagian adegan ini konflik cerita mulai menunjukkan titik terang. Bahwa sebenarnya David sangat terobsesi dengan Sawyer dan mencintainya, sedangkan Sawyer sama sekali tak mencintainya.

Sawyer tentu tak bisa menerima cinta atas apa yang sudah dilakuan David padanya. Dengan amarah yang ditahan, Sawyer mengatakan:

Kau selalu mengatakan bahwa kau mencintaiku, tapi kau tak bisa mencintai siapapun. Kau tak harus mengatakan semuanya padaku melalui kartu, novel romansa, dan menyatakan cinta. Itu bukan cinta. Cinta adalah menyerahkan dirimu melebihi apa yang orang lain inginkan meskipun itu bertentangan dengan semua yang kau yakini.”

Alur cerira Unsane maju. Jalan ceritanya terus bergerak. Membawa penonton bertanya-tanya apakah konflik cerita ini tentang masalah skandal rumah sakit dan asuransi, ketakutan besar Sawyer pada penguntitnya (David), atau hanya delusi Sawyer semata atau benar-benar nyata.

Dari keseluruhan cerita, perilaku David, beberapa kata atau dialog, jelas sekali film ini sangat psikologikal dan mengacu pada seseorang yang menderita gangguan kejiawaan atau psikopat.

Nilai: 4/5