Alex & Me (2018)

Alex & Me merupakan film keluarga fantasi Amerika. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Eric Champnella. Alex & Me dibintangi oleh pemain sepakbola wanita Alex Morgan dan aktris remaja Siena Agudong. Alex & Me rilis di Amerika pada 12 Juni 2018.

Alex & Me mengisahkan seorang gadis remaja 13 tahun, Reagan Wills (Siena Agudong), yang gemar sekali bermain sepakbola. Ia sangat mengidolakan pemain sepakbola wanita Alex Morgan (yang juga diperankan oleh Alex Morgan). Poster pemain sepakbola favoritnya yang bernomor punggung 13 tersebut ia pasang di hampir setiap dinding kamarnya. Satu poster Alex Morgan paling besar alias full-size Reagan pasang di salah satu dinding kamarnya. Pada poster itu, Reagan selalu mengajaknya bicara, seperti mencurahkan segala apa yang telah ia lewati dan rasakan.

Mimpi Reagan hanya satu, yaitu menjadi pemain sepakbola wanita seperti idolanya, Alex Morgan. Untuk mencapai mimpinya, salah satu jalannya adalah ia ingin sekali bisa masuk salah klub terbaik di kotanya, the Crush. Namun pada saat pemilihan anggota baru di klub tersebut, ia gagal karena terlambat datang lantaran rantai sepedanya putus dan diperlakukan tak adil oleh teman sekolah juga rivalnya, Claire (Jessica Treska).

Merasa dirinya gagal di usia 13 tahun, ditambah dengan sikap ayahnya, Joe Will (Jim Klock), ibunya, Anne Wills (Chuti Tiu), dan kakaknya, Logan Wills (Matt Cornett), yang acuh tak acuh karena saat itu sedang disibukkan oleh beasiswa Logan yang juga ahli di bidang sepakbola, Reagan sangat merasa sedih dan putus asa. Ia menyobek semua poster Alex Morgan. Namun satu poster full-size Alex Morgan tak bisa ia sobek meskipun sudah ia lakukan dengan segenap usahanya hingga membuatnya terjatuh dan pingsan.

Pada saat Reagan sadar, tiba-tiba muncul penampakan sosok Alex Morgan di hadapannya yang seolah keluar dari poster tersebut. Ia menganggap bahwa ia sedang berhalusinasi dan dengan segera butuh seorang dokter. Namun Alex Morgan bersikap meyakinkan juga tidak menepis tentang apa yang dikatakan Reagan. Kemunculan sosok Alex Morgan hanya ingin memberi semangat Reagan yang sedang padam dan putus asa.

Pada saat berlatih sepakbola bersama Alex Morgan, beberapa kali Reagan meyakinkan dirinya sendiri bahwa Alex Morgan tak nyata, hingga ia berujar:

Reagan: “You’re not real.  Are you?” (Kamu tidak nyata. Apakah kamu nyata?).

Alex Morgan: “If you believe on your dream before happen, is that real?” (Jika kamu percaya pada mimpimu sebelum terjadi, apakah itu nyata?)

Antara halusinasi dan nyata, kemunculan sosok Alex Morgan menjadi penyemangat Reagan untuk meraih mimpinya.

Jalan cerita Alex & Me sangat mudah untuk diikuti. Cerita film ini cukup sederhana dan tipikal film motivasional dan inspiratif untuk meraih sebuah mimpi.

Dari awal cerita, si tokoh utama Reagan Wills sudah diberi masalah namun dengan berlatih setiap hari, disiplin, dan konsisten, ia percaya bahwa ia mampu meraih mimpinya.

Alex & Me sangat layak ditonton oleh remaja dan keluarga, terutama remaja wanita yang cinta sekali dengan sepakbola dan ingin menjadi pemain sepakbola. Tak ada perundung dan tindakan kasar atau tak pantas dalam film ini. Bahkan film ini menunjukkan bahwa dukungan keluarga adalah kunci kesuksesan salah satu anggota keluarganya. Semuanya tersaji pas sesuai dengan porsinya.

Nilai: 4.5/5