Objek Wisata Cibulan

Cibulan adalah objek wisata pemandian air dingin di daerah Kuningan Jawa Barat, tepatnya di desa Maniskidul Jalaksana. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata tertua di daerah Kuningan. Objek wisata Cibulan diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu.

Untuk tiket masuk (tahun 2018) seharga Rp. 22.000,- untuk dewasa dan Rp. 20.000,- untuk anak-anak. Memasuki area tempat wisata ini, para pengunjung disuguhkan dengan 2 kolam berukuran besar dengan kedalaman yang berbeda. Kolam-kolan tersebut berisi puluhan ikan dengan ukuran yang berbeda-beda. Ikan-ikan tersebut dinamakan kancra bodas atau ikan dewa.

 

Menurut cerita yang beredar luas di masyarakat, dari zaman dahulu hingga sekarang jumlah dan ukuran ikan-ikan tersebut tidak pernah berubah. Dan jika kolam sedang dibersihkan dan dikuras, ikan-ikan itu hilang entah dan akan kembali lagi dengan jumlah yang sama ketika kolam sudah berisi air.

Konon katanya, barangsiapa yang mampu menangkap ikan dewa ini, maka ia akan mendapat keberuntungan. Dan barangsiapa yang mencuri ikan tersebut maka akan mendapat kemalangan.

Di area kolam, terdapat beberapa anak kecil yang meminta pengunjung untuk melemparkan koin ke dalam kolam yang kemudian mereka tangkap atau ambil.

Masuk lebih dalam area ini, terdapat Petilasan Prabu Siliwangi dan Sumur 7. Untuk bisa masuk ke tempat ini, pengunjung dikenakan biaya Rp. 5000,-. Di area ini, pengunjung boleh mengambil air sumur yang dipercaya banyak orang bisa membawa rejeki dan hal baik lainnya.

Tepat di samping Petilasan Prabu Siliwangi dan Sumur 7, terdapat tempat Terapi Ikan. Untuk masuk ke tempat ini masing-masing pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 5000,-. Di tempat yang berkonsep saung ini, bukan hanya untuk terapi ikan, namun pengunjung juga bisa bersantai dan menikmati makanan dan minuman. Jadi, sambil melakukan terapi ikan yang berada di sela-sela saung, pengunjung juga bisa bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

 

Bagi pengunjung yang suka dengan permainan memacu sedikit adrenalin, di tempat ini juga menyediakan permainan Flying Fox, Sepeda gantung atau Zip Bike, dan Sepeda air.

 

 

Bagi pengunjung yang senang berfoto ria untuk diunggah di media sosial atau hanya sekadar mengabadikan momen, tempat ini juga menyediakan spot-spot cantik.

Dengan posisi geografis yang tak jauh dari gunung Ceremai atau Ciremai, objek wisata Cibulan Kuningan ini memiliki hawa yang sejuk, tempat yang nyaman, dan bisa dijadikan destinasi wisata yang cocok untuk seluruh keluarga.

http://https://www.youtube.com/watch?v=9bok3iSAuZA&t=44s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *