The Child in Time (2018)

The Child in Time merupakan film drama TV Inggris. Film yang berdurasi satu jam dua puluh sembilan menit ini diangkat dari novel dengan judul yang ditulis oleh Ian McEwan yang terbit pada tahun 1987. Novel yang ditulis oleh Ian McEwan ini berhubungan dengan kehidupan pribadinya. Pada saat ia menulis novel tersebut, saat itu ia sedang menunggu kelahiran anak pertamanya. Dan di tahun yang sama, novel The Child in Time memenangkan Whitbread Novel Award.

The Child in Time disutradarai oleh Julian Farino dan ditulis oleh Stephen Butchard. Film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai tokoh utamanya. The Child in Time rilis di Inggris pada 24 September 2017, rilis di Jerman pada 5 Juli 2018, sedangkan rilis di Televisi pada 1 April 2018.

The Child in Time mengisahkan seorang pasangan suami, Stephen Lewis (Benedict Cumberbatch), Istri, Julie (Kelly Macdonald), yang kehilangan seorang anak perempuan berusia 4 tahun, Kate (Baetrice White). Kate hilang ketika Lewis sedang membayar apa yang ia beli di sebuah supermarket. Dalam waktu beberapa menit, ketika Kate menjauh dari pegangang Lewis, Kate sudah hilang dari pandangan Lewis. Mencari ke seluruh sudut toko, namun tak ada satu pun petunjuk dimana Kate berada.

Jalinan cerita The Child in Time sedikit emosional. Kisah dalam film ini menggambarkan kesedihan, harapan, belajar menerima kenyataan, tetap waras, dan menjadi bijaksana. Ketika peristiwa-peristiwa muncul di ingatan Lewis dan Julie tentang anak perempuan mereka yang hilang selama bertahun-tahun, hal itu menjadi kesedihan yang mendalam bagi mereka. Namun baik Lewis maupun Julia memiliki cara mereka masing-masing untuk menghilangkan kesedihan tersebut. Lewis yang seorang penulis buku anak-anak menyibukkan diri dengan menulis dan bergabung dalam komite yang concern terhadap semua hal yang berhubungan dengan anak-anak dengan Perdana Menteri dan orangtua lainnya. Sementara Julie, keluar dari rumahnya dan menetap di suatu tempat yang jauh untuk menghilangkan ingatan-ingatan tentang anak perempuannya. Meskipun begitu, Lewis dan Julie tetap berhubungan dan berkomunikasi dengan baik.

Makna the child in time dalam cerita The Child in Time bermakna ambigu atau bisa diartikan lebih dari satu. Jadi kata “child” tidak hanya mengacu pada Kate, anak yang hilang, akan tetapi mengacu kepada beberapa hal dari cerita film ini.

Meskipun cerita film ini berjalan sangat drama dan datar, namun film ini mampu membawa penonton penasaran dengan akhir kisah film ini.

Dengan latar musik yang baik, film ini mampu menambah emosional pada saat menyaksikan beberapa adegan cerita film ini.

Nilai: 3/5