Bodysnatch (2018)

Bodysnatch merupakan film thriller science-fiction Amerika. Film ini disutradarai oleh Louis Benjamin Del Guercio dan ditulis oleh Gregory Alan Ballard. Bodysnatch rilis di Amerika Serikat pada 12 Juni 2018. Film ini dibintangi oleh Sarah Davenport, Reese Mishler, Paul Woolfolk, dan lain-lain.

Film Bodysnatch menceritakan tentang tiga pemuda yang baru lulus kuliah; Steven Marra (Reese Mishler), Jeremy Phillips (Paul Woolfolk), dan Emma Harris (Sarah Davenport), yang menjadi tersangka dan buron atas terbunuhnya polisi Marcus Wilder (Christoper Wilburn) dan membawa mobil polisinya. Akan tetapi bukan tanpa alasan mereka melakukan hal tersebut.

Cerita berawal dari kejahilan polisi Marcus yang mengerjai Jeremy dan Steven dengan berpura-pura memburu seorang yang menjadi target operasi Marcus. Setelah Steven dan Jeremy tahu bahwa itu hanya permainan Marcus, tak lantas membuat mereka kapok untuk ikut “bersenang-senang” bersama Marcus. Marcus merupakan polisi “kotor” yang tak terlalu ingin ambil serius pekerjaannya.

Operasi mereka selanjutnya adalah menjemput salah satu teman Steven dan Jeremy yang juga merupakan gadis yang Steven taksir, Emma Harris (Sarah Davenport). Setelah bertemu Emma, mereka melanjutkan perjalanan mencari target yang lain.

Di pertengahan jalan, mereka melihat sebuah mobil berhenti. Melalui plat mobil tersebut dan melalui sebuah data informasi yang ada di laptop sang polisi, pengendara mobil tersebut diketahui bernama Brandie Roddenfield (Alisha Bernhardt). Marcus turun dari mobil dan mendekati mobil tersebut. Tiba-tiba keadaan menjadi tak terkendali dan menegangkan ketika Steven, Jeremy, dan Emma (dari dalam mobil) melihat Marcus diserang dan dipukul oleh Brandie hingga tewas. Dari kejadian itu lah masalah mereka bertiga dimulai lantaran mencoba melarikan diri dengan membawa mobil polisi Marcus demi menyelamatkan diri dari serangan Brandie.

Alur cerita Bodysnatch maju. Rangkaian cerita film ini cukup sederhana dan mudah diikuti, namun memiliki beberapa kerancuan. Di awal cerita, saya pikir film ini adalah film komedi karena sang polisi yang tak berhenti membuat gurauan dan lelucon pada Steven dan Jeremy. Hal itu membawa saya pada sebuah pertanyaan apakah konflik dalam film ini merupakan hal sejenis prank yang dilakukan oleh Marcus atau bukan. Kemudian hal yang berkenaan dengan salah satu karakter bertopeng yang juga terdapat di awal cerita. Dengan suara yang disamarkan, ia mengatakan:

Trust no one. The threat is real. They are coming.”

yang mana karakter tersebut tak terungkap jelas dalam film ini. Mengenai baris kata tersebut, saya berasumsi bahwa kata-kata tersebut seperti highlight atau barangkali inti dari film ini yang juga berhubungan dengan judul film ini. Namun sayangnya, hal itu tidak tersaji dengan baik.

Dalam film ini, ada dua baris kalimat favorit dan sangat sederhana bagi saya.

We do not run. Guilty people run.

Kalimat itu dikatakan oleh Emma Harris ketika Steven dan Jeremy ingin melarikan diri dari kejaran polisi karena dianggap sebagai tersangka atas beberapa kematian dan menjadi buronan. Emma merasa bahwa ia dan kedua temannya sama sekali tidak bersalah, jadi tak perlu melarikan diri.

Nilai: 2.5/5