Blue World Order (2017)

Blue World Order merupakan film action science-fiction Australia. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam lima puluh lima menit ini disutradarai dan ditulis oleh Ché Baker dan Dallas Bland. Blue World Order dibintangi oleh Jake Ryan, Billy Zane, Stephen Hunter, Billie Rutherford, Bolude Fakuade, dan lain-lain. Film ini rilis di Australia pada 14 November 2017.

Blue World Order berkisah tentang kehidupan paska-apokaliptik dimana semua orang tewas karena eletromagnetic pulse yang besar kecuali seorang ayah, Jake Slater (Jake Ryan), dan anak perempuannya, Molly (Billie Rutherford). Pada saat itu, populasi dihancurkan oleh bakteri.

Untuk menghindari radiasi, “virus”, dan bakteri, Jake melindungi wajahnya dengan menggunakan masker pada saat ia keluar dari tempat persembunyiannya. Jake tinggal di suatu tempat dimana tak seorangpun tahu. Ia harus melindungi putrinya, Molly, yang tak sadarkan diri.

Pada saat berburu mencari makanan, Jake melihat 6 orang tanpa menggunakan masker seperti dirinya. Menelusuri lebih jauh, Jake melihat mereka tinggal di suatu tempat. Mereka merupakan warga sebuah komunitas yang disebut the Order. Di dalam tempat itu menunjukkan sebuah tempat yang memiliki semua yang dibutuhkan warganya. Mereka tak perlu memakai masker sama sekali seolah mereka terbebas dari virus atau pun bakteri. Lantaran mereka sendiri sudah dimasukkan virus berupa perangkat lunak yang dimasukkan ke dalam mata mereka untuk lebih mudah dikendalikan.

Melihat keadaan tersebut, Jake membawa Molly ke rumah sakit yang ada dalam komunitas tersebut. Meskipun pada mulanya ia yakin bahwa Molly dapat disembuhkan di tempat itu, namun keraguan muncul ketika ia melihat cara yang janggal ketika seorang dokter mencoba menyembuhkan Molly.

Seorang wanita yang nampak setengah waras datang menemui Jake. Sambil bernyanyi dengan syair yang tak jelas, wanita itu memberi tahu tentang apa yang terjadi di dalam komunitas tersebut dan menyuruh Jake untuk menemui Madcap (Stephen Hunter).

Dengan mencari dan menemui Jake di kamp resistensi dimana tempat Madcap tinggal dan bersembunyi, Jake tahu bahwa ada hal yang tak beres di komunitas itu bahwa mereka sedang merencanakan sesuatu. Mereka sedang melakukan sebuah eksperimen pada orang-orang yang nampak berbeda, termasuk mencari tahu mengapa Molly (satu-satunya anak yang terisa) masih hidup. Eksperimen itu dipimpin oleh Marion (Bolude Fakuade) dan Master Crane (Billy Zane).

Menonton film Blue World Order, penonton seperti dibawa ke dunia waktu yang akan datang juga penasaran tentang penelitian apa yang sebenarnya the Order lakukan. Akan tetapi, sayangnya, bagi saya, cerita film ini kurang tersampaikan dengan baik dan detil (penelitiannya untuk apa dan arahnya kemana). Konflik cerita nampak benar-benar terang di durasi satu jam empat puluh menit.

Aksi laga dalam adegan film ini biasa saja, tak ada yang spesial. Namun dengan didukung scoring yang cukup baik, hal itu membuat adegan-adegan laga dalam film ini menjadi cukup menegangkan.

Nilai: 2.8/5