Upgrade (2018)

Upgrade merupakan film action, horor, fiksi-ilmiah. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam tiga sembilan menit ini adalah produksi film Amerika dan Australia. Upgrade disutradarai dan ditulis oleh Leigh Whannell. Film ini dibintangi oleh Logan Marshall-Green sebagai pemain utamanya. Upgrade rilis premier pada 10 Maret 2018, rilis di Amerika pada 1 Juni 2018, dan rilis di Australia pada 14 Juni 2018.

Upgrade mengisahkan tentang seorang laki-laki, Grey Trace (Logan Marshall-Green), yang mengalami kecelakaan mobil bersama istrinya, Asha Trace (Melanie Vallejo) pada saat pulang dari mengembalikan mobil refurbished kepada kliennya, Eron Keen (Harrison Gilbertson), yang juga terkenal sebagai seorang pembuat teknologi canggih.

Mobil yang ditumpangi Grey dan Asha sangat canggih dan dapat berjalan tanpa dikemudikan oleh manusia. Akan tetapi mobil tersebut mengalami malfungsi hingga mengakibatkan kecelakaan.

Pada saat kecelakaan tersebut, beberapa orang mendatangi mereka. Bukan membantu, namun mereka menodongkan senjata dan menembak Asha dan Grey. Di tempat itu juga, Asha tak bisa bertahan dan menghembuskan napas terakhirnya di hadapan Grey.

Atas peristiwa itu, Grey dilarikan ke rumah sakit dengan keadaan tubuh sama sekali tak bisa digerakkan kecuali kepala. Kegiatan setelah pulang dari rumah sakit, Grey hanya duduk tak berdaya di kursi roda dibantu oleh robot dan alat-alat canggih miliknya.

Melihat keadaan Grey yang menyedihkan dan memprihatinkan, Eron Keen menawarkan penemuan yang ia buat yang diberi nama Stem untuk dimasukkan ke dalam salah satu tubuh Grey. Stem semacam chip komputer yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh Eron Keen.

Awalnya, Grey menolak tawaran tersebut. Namun akhirnya ia bersedia Stem dimasukkan ke dalam tubuhnya yang ditanam di bagian belakang lehernya dengan satu syarat ia tak boleh mengatakan hal itu pada siapapun, termasuk ibunya, Pamela (Linda Cropper) dan Detektif Cortez (Betty Gabriel), detektif yang menangani kasus pembunuhan Asha.

Dengan chip tersebut, perlahan Grey mampu menggerakkan seluruh tubuhnya, bahkan ia seperti memiliki kekuatan yang superpower karena ternyata Stem (suara Simon Maiden) mampu bicara, mengoperasikan sistem tubuh Grey, dan mengontrol semua apa yang dilakukan oleh Grey. Hidup dan tubuh Grey seperti telah ter-upgrade.

Bersama Stem yang berada di tubuh dan pikiran Grey, Grey bergerak mencari siapa orang yang berada dibalik pembunuhan istrinya dan apa motifnya.

Rangkaian cerita Upgrade menggabungkan antara teknologi yang sangat canggih, action, dan sedikit psikologikal. Konflik dalam cerita ini adalah tentang pembalasan dendam yang dilakukan oleh Grey atas kematian istrinya.

Melihat film ini dari segi teknologi tinggi, plot, dan akhir cerita yang tak bisa ditebak dan sedikit kompleks, film Upgrade tersaji dengan sangat baik.

Satu kata-kata sarkastik juga memiliki makna yang bisa dilihat dengan sebuah sudut pandang adalah percakapan antara Grey dan seorang hacker Jaime (Kai Bradley) pada saat Jaime membantu Grey meretas kode-kode, Grey bertanya pada Jaime tentang seseorang yang sedang bermain dengan VR (Virtual Reality atau Realitas Maya) selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu,

Grey: “Why someone would choose to live in a fake world? I will never understand.

Jaime: ” The fake world is a lot less painful than the real one.”

Dan kata-kata Jaime itu disebut lagi di akhir cerita.

Nilai: 4/5