The Warning (2018)

The Warning merupakan film drama thriller Spanyol. Judul asli The Warning adalah El Aviso. Film original Netflix ini diangkat dari novel dengan judul yang sama, El Aviso, yang ditulis oleh Paul Pen. The Waning disutradarai oleh Daniel Calparsoro dan ditulis oleh Patxi Amezcua dan Chris Sparling.

Film yang berdurasi kurang lebih satu jam tiga puluh menit ini dibintangi oleh Raúl Arévalo, Aura Garrido, Hugo Arbues, Belén Cuesta, Antonio Dechent, Sergio Mur, dan lain-lain yang mendukung karakter lain di film ini. The Warning rilis premier pada Juli 2018, sedangkan rilis di Spanyol pada 23 Maret.

The Warning mengisahkan seorang matematikawan, Jon Zarate (Raúl Arévalo), yang mencari siapa pembunuh yang melalukan penembakan terhadap teman dekatnya, David (Sergio Mur), di mini market 24 jam yang tempatnya sangat berdekatan dengan pom bensin.

Malam itu, 2 April 2008, ketika Jon dan David sedang berada di pom bensin dan David hendak membeli sesuatu di mini market 24 jam, tiba-tiba dua orang bersenjata datang dan menembak salah satu pengunjung toko tersebut dari sepeda motornya. Nahas bagi David yang malam itu memiliki rencana melamar kekasihnya, Andrea (Belén Cuesta), yang ingin ia lamar dengan sepasang cincin yang sudah ia bawa, justru David lah menjadi korban penembakan tersebut. David tertembak tepat di kepalanya hingga membuatnya koma karena fungsi otaknya tak bekerja seimbang.

10 tahun kemudian, keadaan masih sama. David masih koma dan Jon masih mencari siapa dibalik penembakan tersebut.

Sementara itu, seorang anak 10 tahun, Nicolas atau Nico (Hugo Arbues), yang sangat pendiam menjadi korban rundung kakak kelasnya pada saat ia berada di depan toko 24 jam tersebut. Ia diminta oleh ketiga kakak kelasnya untuk mencuri majalah dewasa di toko tersebut. Dengan penuh ketakutan, Nico tetap melakukannya dan aksinya ketahuan oleh sang penjaga toko, Héctor (Antonio Dechent). Namun Nico beruntung, pada saat bersamaan, ibunya, Lucía (Aura Garrido), datang menjemputnya.

Masih di hari yang sama, Nico mendapatkan surat yang berisi sebuah peringatan bahwa ia tak boleh kemanapun pada hari ulangtahunnya tanggal 12 April 2018. Membaca isi surat tersebut dan tahu bahwa anaknya menjadi korban rundung di sekolah, Lucía sangat marah dan mendatangi sekolah untuk mencari tahu siapa yang menulis ancaman tersebut.

Pihak sekolah memanggil ketiga anak yang merundung Nico, namun tak satupun dari tulisan mereka yang mirip dengan tulisan peringatan tersebut. Tulisan itu diyakini merupakan tulisan orang dewasa bukan anak-anak. Tak lama kemudian, Lucía mengetahui bahwa bukan hanya Nico yang mendapat surat peringatan yang sama, akan tetapi seorang anak bernama Martin Vallet yang memiliki tanggal lahir yang sama juga mendapat surat peringatan tersebut.

Selama menunggu mukjizat berkaitan dengan kesembuhan David, Jon  yang juga mengidap penyakit skizoprenia terus bekerja memecahkan teka-teki penembakan malam sepuluh tahun silam. Melalui koran, Jon mendapatkan informasi bahwa penembakan yang sama terjadi di tanggal dan tempat yang sama.

Ketika semua informasi akurat ia kumpulkan, dengan ilmu matematikanya, semua hal yang terjadi berlangsung pada angka kelipatan sepuluh, sebelas dan seterusnya. Dan itu berhubungan dengan lima orang yang ada pada saat penembakan terjadi di tahun 1976 dan 2008. Mereka adalah anak usia 10 tahun, 21 tahun, 32 tahun, 43 tahun, dan 54 tahun. Lalu pembunuhan akan terjadi di tanggal 12 April 2018, sepuluh tahun kemudian setelah penembakan David.

Alur cerita The Warning maju mundur. Dari awal cerita hingga klimaks, jalan cerita bergerak maju. Namun ketika sampai pada akhir cerita, sang penulis membawa penonton ke waktu masa lampau dan masa kini yang menyajikan adegan sama dengan waktu yang berbeda.

Apakah dengan pikiran yang “rapuh” Jon berhasil memecahkan lingkaran kelipatan tersebut? Apakah analisis Jon menjadi nyata pada 12 April 2018? Dan bagaimana nasib David setelah selama 10 tahun koma? Tentunya jawaban itu akan terjawab di akhir cerita film ini yang menyajikan permaian waktu yang cukup sulit saya pahami. 😁

Nilai: 3.5/5