What Still Remains (2018)

What Still Remains merupakan film drama Thriller Amerika. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Josh Mendoza. What Still Remains berdurasi kurang lebih satu jam tiga puluh menit. Film ini dibintangi oleh Lulu Antariksa, Colin O’Donoghue, Mimi Rogers, Dohn Norwood, Jeff Kober, Peter O’Brien, Roshon Fegan, dan beberapa pemain pendukung. What Still Remains rilis di Amerika pada 14 Agustus 2018.

What Still Remains mengisahkan seorang gadis berusia 19 tahun, Anna (Lulu Antariksa), yang hidup berjuang sendirian pasca ibunya meninggal karena sakit bertahun-tahun dan adik laki-lakinya, David (Roshon Fegan), yang menghilang setelah seseorang mengikuti mereka di hutan.

Sebelum meninggal, ibu Anna yang tak pernah meninggalkan tempat tidurnya memberi pesan pada Anna pada saat Anna merasa bahwa dengan keadaan dan situasi yang sangat menyedihkan ia tak perlu bermimpi dan berharap tentang apapun, sang ibu mengatakan:

If we don’t have hope, what is the point of living.”

Desa yang Anna tinggali tak lagi berpenghuni dan telah musnah karena penyakit. Tiap kali Anna melihat seseorang yang datang mendekat, baik Anna maupun orang tersebut selalu mengatakan “we are not sick” untuk meyakinkan bahwa mereka bisa saling berkomunikasi.

Seorang pria, Peter (Colin O’Donoghue), mengikuti Anna sampai ke rumahnya. Awalnya Anna curiga pada Peter. Namun Peter yang menyatakan dirinya sebagai seorang pendeta, meyakinkan bahwa ia tak sakit dan mampu menunjukkan sikap-sikap yang baik pada Anna.

Melihat Anna yang tangguh, Peter terkesan pada Anna dan membawanya ke komunitasnya. Komunitas tersebut dibangun oleh Zack (Jeff Kober) dan para tetua di komunitas tersebut yang bernama Judith (Mimi Rogers), Ben (Dohn Norwood), juga Peter. Untuk masuk bergabung ke komunitas itu tak mudah. Peter mensponsori Anna untuk masuk ke komunitas tersebut. Dan semua orang yang berada di komunitas tersebut mengatakan bahwa Anna beruntung karena Peter melakukan itu, termasuk Judith yang cemburu pada Anna.

Alih-alih senang karena akhirnya Anna menemukan “keluarga” baru, ia malah merasa bahwa komunitas itu memiliki aturan yang aneh dan hal janggal. Pada upacara penyambutan kedatangan, Anna harus berdoa dan dibaptis dengan cara aneh.

Well, secara keseluruhan cerita, film What Still Remains mengangkat isu tentang keyakinan dan kepercayaan, baik kepercayaan terhadap manusia maupun terhadap tuhan.

Karakter-karakter dalam cerita film ini agak sulit ditebak, begitu pun dengan akhir ceritanya. Melalui karakter-karakter yang disajikan, penonton dibuat penasaran mana yang sebenarnya teman dan musuh, mana yang baik dan jahat, serta yang benar dan salah. Dan dari hal tersebut, saya mengambil kesimpulan atas cerita film ini bahwa life is a choice. Ya, setelah si karakter utama memiliki keyakinan yang ia yakini, kemudian ia harus memilih jalan mana yang harus ia pilih ketika tak ada satu pun yang tersisa selain keyakinan dan kepercayaan.

Oleh karena film ini berkenaan dengan kepercayaan dan keyakinan, beberapa kata-kata dalam dialog dalam What Still Remains cukup mendalam menurut saya. Namun satu kekurangan dalam film ini adalah, tidak menjelaskan apa penyakit yang telah meluluhlantahkan penduduk.

Nilai: 3/5

Btw, nama Lulu Antariksa pemeran Anna yang muncul pertama di layar menarik perhatian saya. Namanya sangat Indonesia 🙂