Hide in the Light (2018)

Hide in the Light merupakan film drama horor Amerika. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Mikey McGregor. Hide in the Light dibintangi oleh KylieRae Condon, Jesse James, Lindsay Lamb, Clayton Snyder, Alexis Boozer Sterling, Matilda Gregor, Katie Schwartz, Chandler Massey, David Kaye, Sterling Jones, Cynthia Bravo, dan beberapa pendukung lainnya. Film yang berdurasi selamakurang lebih satu jam tiga puluh menit ini rilis di Amerika Serikat pada 23 Oktober 2018.

Hide in the Light mengisahkan tentang sekelompok anak muda yang terdiri dari sepuluh orang; Todd (Jesse James), Becca (Lindsay Lamb), Kate (Alexis Boozer Sterling), Ryan (Clayton Snyder), Tiffany atau Tiff (Katie Schwartz), Eric (Sterling Jones), Shane (Chandler Massey), Adam (David Kaye), Karen (Cynthia Bravo), dan Jackie (Matilda Gregor), yang menamakan diri mereka sebagai Urban Explorer.

Malam itu, mereka bereksplorasi ke suatu tempat yang bernama Saint Petersberg Orphanage. Tempat tersebut tak lagi ditempati selama bertahun-tahun sejak banyak kejadian aneh terjadi. Sebelum ditinggalkan, tempat itu merupakan tempat ringgal anak yatim piatu yang diurus oleh para biarawati dan pendeta.

Dengan senter dan semua peralatan yang biasa mereka bawa, dibagi dalam beberapa orang, masing-masing dari mereka menelusuri setiap ruangan. Keadaan berjalan normal pada awalnya, namun mulai berubah mencekam dengan munculnya seorang anak perempuan bernama Amanda (KylieRae Condon) yang muncul tepat di depan cahaya senter. Pada saat kemunculannya, Amanda salalu dengan mengatakan:

Do you want to play a game?”

kemudian menghilang.

Dan setelah itu, karena mereka tak ingin bermain dengan Amanda dan memilih melarikan diri dari ruangan itu, mereka terjebak di gedung gelap tersebut dan hal-hal buruk terjadi pada beberapa dari mereka.

Alur cerita Hide in the Light mundur sebentar ke tahun 1966, kemudian maju. Konsep cerita film ini tentang unsur terang dan gelap dalam arti yang sebenarnya dan menurut kitab Injil. Beberapa petunjuk yang merupakan bagian dari film ini tertulis dan buku harian yang merupakan bagian dari arsip dan dokumen panti asuhan dalam cerita film ini.

Hide in the Light bukan film horor yang mengandalkan penampakan menyeramkan yang membuat penonton merasakan sensasi jump scare. Tak ada aksi bunuh membunuh sadis dengan darah dimana-mana. Horor dalam film ini hanya disajikan dengan bantuan scoring yang sedikit bikin kaget, suara monster, dan penampakan Amanda yang muncul tiba-tiba. Penampilan Amanda pun tidak muncul dengan penampakan dan ekspresi yang menyeramkan, melainkan seperti anak kecil biasa. Bisa dibilang film ini merupakan film horor ringan.

Nilai: 2.5/5