Hotel Artemis (2018)

Hotel Artemis merupakan film drama thriller Amerika. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Drew Pearce. Film ini dibintangi oleh Jodie Foster, Sterling K. Brown, Dave Bautista, Sofia Boutella, Brian Tyree Henry, Janny Slate, Jeff Goldblum, dan beberapa pendukung lainnya. Hotel Artemis rilis di Amerika pada tanggal 8 Juni 2018.

Hotel Artemis mengisakan sebuah tempat dimana tempat tersebut bisa dijadikan rumah sakit, hotel, dan tempat tinggal. Menurut kata pemiliknya, Jeanie Thomas (Jodie Foster):

Artemis is a great place to hide.”

Jeanie Thomas adalah seorang suster yang menyembuhkan siapapun yang terluka dari manapun asalkan mereka memiliki kode untuk masuk ke dalam dan mematuhi segala peraturan yang ada, yaitu: tidak membawa senjata, bukan polisi, dan tidak membunuh pasien lain. Sedangkan Artemis itu sendiri merupakan tempat tinggal, tempat menginap, dan rumah sakit yang dirancang oleh Jeanie Thomas dengan teknologi canggih yang hanya melayani kriminal.

Ketika terjadi baku hantam dan tembak antara dua kubu di luar Artemis, dua orang kakak adik, Sherman (Sterling K. Brown) dan Lev (Brian Tyree Henry), dengan tergopoh-gopoh datang ke Artemis untuk meminta bantuan Jeanie. Lev mendapatkan luka parah atas kejadian tersebut. Dibantu oleh asisten Jeanie yang bertubuh besar dan kekar, Everest (Dave Bautista), Jeanie mencoba menyembuhkan Lev.

Seorang tamu perempuan Artemis, Nice (Sofia Bautelle), mendapati Sherman sedang memegang sebuah pulpen curian Lev. Nice tahu benar betapa pulpen tersebut merupakan benda yang sangat berharga dan memiliki nilai tinggi. Oleh karena benda itu lah, Hotel Artemis menjadi tempat yang tak seperti seharusnya.

Alur cerita Hotel Artemis maju. Rangkaian cerita film ini cukup rumit menurut saya. Di awal cerita saya merasa kesulitan memahami jalinan ceritanya. Namun cerita terlihat jelas pada bagian klimaks dan akhir cerita.

Bagi saya, ada satu karakter menarik dan unik dalam cerita film ini. Ia adalah Everest. Dengan badan besar dan kekar, namun Everest merupakan sosok yang lucu, baik, dan sangat patuh atas apapun yang diperintah oleh Jeanie Thomas yang ia panggil Nurse.

Karakter yang diperan oleh Jodie Foster dalam film ini sedikit sama dengan karakter yang ia mainkan dalam film Nim’s Island (2008), hanya berbeda profesi saja.

Dua kalimat menarik dalam film ini, menurut saya, adalah kata-kata yang diucapkan oleh Jeanie Thomas:

Getting out is always tougher than getting in.”

Helping people is all I know how to do it.”

Nilai: 3/5