The Etruscan Smile (2018)

The Etruscan Smile merupakan film drama yang diangkat dari novel Spanyol dengan judul La Sonrisa Etrusca yang ditulis oleh José Luis Sampedro pada tahun 1985. Cerita novel tersebut terinspirasi dari kelahiran cucu laki-lakinya.

Film The Etruscan Smile ditulis oleh Odded Binun dan Mihal Brezis, dan ditulis oleh Michael McGowan, Michal Lali Kagan, dan Sarah Bellwood. Film yang berdurasi satu jam empat puluh tiga menit ini dibintangi oleh Brian Cox, JJ Feild, Thora Birch, Rosanna Arquette, Sandra Santiago, dan beberapa aktor pendukung lainnya.

Film The Etruscan Smile dibuka dengan pemandangan laut, bukit, dan pegunungan yang indah dan memesona.

The Etruscan Smile mengisahkan seorang laki-laki tua Skotlandia, Rory MacNeil (Brian Cox), yang tinggal seorang diri di pulau Hibredian. Namun ia terpaksa harus meninggalkan tempat tinggalnya untuk melakukan pengobatan atas penyakit kanker stadium 4 yang ia derita. Rory harus pergi ke San Fransisco dimana tempat anak laki-lakinya, Ian MacNeil (JJ Feild), tinggal. Ian tinggal bersama istrinya, Emily (Thora Birch), dan anak bayi laki-lakinya, Jamie, dan pengasuh Jamie, Frida (Sandra Santiago).

Rory MacNeil merupakan seorang laki-laki dan ayah yang keras kepala, teguh, dan sedikit konservatif. Tak jarang ia adu argumen dan bersikap tak akur dengan anaknya, Ian, yang merasa bahwa apa yang ia lakukan tak pernah salah dan tak ingin merugikan juga menyusahkan orang lain. Dan Ian selalu mengalah pada Rory. Namun anak Ian lah, Jamie, yang membuat hidup Rory perlahan lebih baik. Dengan kelucuan, kecerdasan, dan menggemaskannya Jamie, Rory merasa ia memiliki ikatan yang kuat pada bayi tersebut.

Rangkaian cerita The Etruscan Smile cukup sederhana. Beberapa bagian dari cerita ini juga menyuguhkan adegan dan kata-kata sederhana yang diucapkan oleh Rory MacNeil pada Ian MacNeil, seperti:

Do what you love, while you can.”

dan

Put that thing away. Look into his eyes.”

Baris kata itu diucapkan ketika Ian ingin mengambil gambar Jamie dengan telepon selulernya pada saat Jamie hendak melakukan langkah pertamanya. Rory memarahi Ian dan mengatakan kata-kata di atas.

Inti dari cerita film ini adalah bagaimana seorang laki-laki tua yang mengidap penyakit kanker stadium 4 menjalankan sisa hidupnya dengan menghabiskan waktu dengan anak, menantu, cucu, dan wanita yang ia cintai, Claudie (Rosanna Arquette) dengan senyuman, suka cita, penuh makna, dan melakukan yang terbaik tanpa membebani hidup siapapun.

Nilai: 3.5/5