Malicious (2018)

Antara sesuatu yang logis dan tak logis. Antara ilmu matematika dan ilmu parapsikologi. Itulah garis besar penggambaran dalam cerita film Malicious.

Malicious merupakan film horor thriller Amerika. Film yang berdurasi satu jam tiga puluh menit ini disutradarai dan ditulis oleh Michael Winnick. Malicious dibintangi oleh Josh Stewart, Bojana Novakovich, Delroy Lindo, Yvette Yates, Melissa Bolona, Ben VenderMey, Luke Edwards, dan beberapa aktor pendukung lainnya. Film ini rilis di Indonesia 10 Oktober 2018

Seorang profesor matematika, Adam Pierce (Josh Stewart), dan istrinya yang sedang hamil, Lisa Pierce (Bojana Novakovic), baru saja pindah rumah. Pada saat sampai di rumah baru tersebut, di ruang tengah terdapat sebuah benda yang disebut house warming gift atau hadiah untuk penghuni rumah yang akan menempati rumah baru. Hadiah itu merupakan pemberian dari adik Lisa, Becky (Melissa Bolona). Hadiah tersebut berisi sebuah kotak. Kotak yang seharusnya tidak boleh dibuka.

Kotak itu diletakkan oleh Lisa di atas tempat perapian di dekat lukisan yang nampak sangat misterius dan sedikit menyeramkan. Karena rasa penasaran, Lisa membuka kotak itu dan mendapati tak satupun barang yang mengisi kotak tersebut. Merasa bingung dan tak ingin ambil pusing, Lisa meletakkan kembali kotak tersebut.

Pagi hari, Lisa pergi jogging ke hutan. Di tengah hutan ia bertemu seorang perempuan yang bernama Emily Harper (Yvette Yates) yang sedang menangis membelakangi Lisa. Ketika ia memutar badannya, perempuan tersebut sedang hamil dengan wajah yang lusuh dan bercak darah di baju putihnya. Ia mengatakan pada Lisa bahwa bayinya telah hilang dan menakut-nakuti Lisa bahwa ia pun akan kehilangan bayinya.

Sejak kejadian itu, hal-hal buruk terjadi pada Lisa, dari suara ketukan, bayi menangis, suara musik yang berbunyi sendiri, hingga ia mengalami keguguran dan tak bisa memiliki anak lagi. Tidak sampai di situ, Lisa terus-terussan diganggu oleh empat makhluk gaib. Ia menceritakan semua yang ia alami pada Adam, namun Adam yang sangat logis dan rasional tidak mempercayai itu hingga ia mengalaminya sendiri.

Rangkaian cerita Malicious cukup ringan dan sedikit menarik. Tidak seperti film horor pada umumnya yang menggunakan media paranormal dan hal-hal yang berkaitan dengan supernatural, film Malicious menggunakan alat perekam untuk mengetahui keberadaan makhluk-makhluk gaib yang ada di rumah Adam dan Lisa. Hal logis dan tak logis bersatu dalam penyelesaian konflik cerita dalam film ini.

Satu adegan yang menunjukkan dua hal tersebut disampaikan dalam dialog seorang profesor matematika Adam Pierce dan seorang dokter buta yang mengajar parapsikologi yang bernama Dr. Ronald Clark (Delroy Lindo). Dr. Clark yang buta dan selalu menggunakan kacamata hitamnya selalu mengikuti kuliah yang diajarkan oleh Adam Pierce. Dalam kuliahnya, Adam mengatakan:

Just remember, no matter how complicated the problem, the solution is always logical, Math and life for that matter are very reliable in that way. All you have to do is logically work through the problem and the solution will appear. Numbers are always rational. Except, of course when they’re being irrational.

Setelah kelas usai, Dr. Clark tidak langsung beranjak dari tempat duduknya dan menyangkal semua yang dikatakan oleh Adam. Ia mengatakan:

All of math and life problems can be solved using logic? One plus one doesn’t always equal two.”

Beberapa baris kata yang disampaikan oleh Dr. Clark yang buta cukup menarik bagi saya. Suara musik dramatis dan menakutkan serta penampakan para makhluk gaib membuat film ini terasa cukup horor. Namun sayangnya, ada beberapa adegan yang tak terlalu penting, signifan, dan tak ada relevansinya dengan cerita dihadirkan dalam film ini.

Nilai: 1.5/5

Catatan: Parapsikologi adalah kajian ilmiah dari tiga jenis kejadian yang dianggap tidak biasa, yang berhubungan dengan pengalaman manusia. Masyarakat awan sering menyebut fenomena ini dengan sebutan “mistik atau anomali”, karena hal tersebut sulit untuk disebutkan dalam model ilmiah saat ini.