The Nun (2018)

The Nun merupakan film horor thriller misteri Amerika. Film yang memiliki durasi satu jam tiga puluh menit ini disutradarai oleh Corin Hardy dan ditulis oleh Gary Dauberman dan James Wan. The Nun dibintangi oleh Taissa Farmiga yang merupakan adik dari Vera Farmiga yang juga bermain dalam film ini di bagian awal dan akhir cerita, Demián Bichir, Jonas Bloquet, Bonnie Aarons, Inggrid Bisu, Charlotte Hope, Sandra Teles, dan masih banyak pemain lainnya yang menjadi pendukung film ini. The Nun rilis di Amerika pada 7 September 2018.

Ber-setting tahun 1952 di Abbey of St. Carta Romania, seorang biarawati yang bernama sister Victoria (Charlotte Hope), mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di tempat suci itu. Hal itu menjadi pembicaraan beberapa uskup di Vatican City. Kemudian mereka mengirim Father Burke (Demián Bichir) ke Abbey untuk mencari tahu, menyelidiki, dan mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi.

Father Burke tidak hanya sendirian pergi ke Romania. Ia membawa seorang calon biarawati, sister Irene (Taissa Farmiga), yang belum mengambil sumpah terakhirnya. Sesampainya di tempat tujuan, Father Burke dan Irene menemui seorang pemuda keturunan Perancis-Kanada, Maurice Theriault atau Frenchie (Jonas Bloquet), yang melihat mayat Sister Victoria pada saat ia sedang mengirim sesuatu ke tempat para biarawati tinggal tersebut.

Frenchie membawa mereka berdua ke Abbey of St. Carta dan melihat mayat sister Victoria telah berubah posisi. Suasana horor mulai terasa pada saat memasuki pintu utama. Mereka disambut dengan seorang biarawati, Abbess (Gabrielle Downey), yang menutup semua wajahnya dengan nenek-nenek.

Ketika hari mulai gelap, teror-teror biarawati yang disebut Valak (Bonnie Aarons) dan teman-temannya yang juga memakai baju biarawati mulai menghantui mereka bertiga. Dan di hari-hari berikutnya kekuatan iblis semakin kuat menyerang Father Burke, Irene, juga beberapa biarawati yang tinggal di tempat itu.

Only pray can help us now.”

Ucap sister Oana (Inggrid Bisu) pada Irene ketika kekuatan iblis semakin kuat menyerang mereka. Saking kuatnya kekuatan sang iblis yang telah memasuki tempat suci tersebut, hanya kekuatan doa saja tak cukup untuk melawan sang iblis.

Dari awal menonton The Nun, penonton sudah disajikan dengan efek suara yang menakutkan. Dan hal itu disajikan terus di beberapa adegan sepanjang film ini. Konsep dan jalan cerita film  ini sama seperti film-film horor supernatural lainnya yang mengungkapkan suatu misteri yang menjadi bagian kuat dari ceritanya. Tak ada yang spesial dari film ini, menurut saya. Walaupun demikian, film ini mampu menyedot perhatian para pecinta film horor di seluruh dunia untuk menonton film yang merupakan bagian dari semesta film The Conjuring ini.

Nilai: 3.5/5