Eighth Grade (2018)

Eighth Grade merupakan film drama komedi remaja Amerika. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Bo Burnham, yang mana cerita ini terinspirasi dari perjuangannya sendiri melawan rasa kecemasannya yang ia angkat ke dalam film ini. Eighth Grade dibintangi oleh Elsie Fisher, Josh Hamilton, Luke Prael, Jake Ryan, Catherine Oliviere, dan beberapa pemain pendukung lainnya.

Film Eighth Grade rilis premier di Sundance Film Festival pada 19 Januari 2018 dan rilis di Amerika Serikat pada 3 Agustus 2018. Film ini meraih beberapa penghargaan dari beberapa ajang film festival, diantaranya adalah untuk narasi terbaik, aktris terbaik, film terbaik, dan favorit penonton.

Eighth Grade mengisahkan seorang remaja perempuan, Kayla Day (Elsie Fisher), yang harus melewati masa-masa akhir sekolahnya di kelas delapan sebelum menuju ke Sekolah Menengah Atas. Untuk gadis introvert dan merasa tak memiliki wajah yang sempurna seperti Kayla, ia harus berjuang melewati situasi sosial yang harus ia hadapi. Oleh karena sikapnya yang pendiam di kelas, ia mendapat penghargaan sebagai the most quite student.

Kayla tinggal bersama ayahnya, Mark Day (Josh Hamilton). Mark adalah ayah yang baik dan suportif untuk Kayla meskipun Kayla selalu menghindarinya dan sangat tertutup padanya.

Kayla tidak memiliki teman, sangat pendiam dan pemalu, dan sangat rendah diri. Untuk melewati masa-masa itu, Kayla membuat video blog atau vlog di Youtube yang berisi tentang tip dan motivasi. Apa yang ia sampaikan dalam vlognya adalah hal-hal tentang kepercayaan diri, membuat pertemanan, dan menjadi dewasa. Yang mana hal-hal yang ia angkat tersebut merupakan hal-hal yang sangat sulit ia lakukan di dunia nyata. Namun hal tersebut ia lakukan sekaligus untuk memotivasi dirinya sendiri.

Jalinan cerita Eighth Grade sangat sederhana dan ringan. Cerita yang diangkat dalam film ini merupakan salah satu realita yang dialami beberapa remaja introvert dan masalah-masalah seputar remaja. Jalan cerita berjalan se-nyata mungkin, begitu juga dengan karakter Kayla Day yang dimainkan oleh Elsie Fisher yang sangat natural dengan penampilan wajahnya yang berjerawat. Bo Burnham menemukan Elsie Fisher di akun Youtube miliknya. Dan setelah beberapa kali menonton videonya, Bo Burnham merasa Elsie Fisher yang paling cocok memerankan Kayla Day.

Akhir cerita Eighth Grade menyuguhkan adegan yang cukup emosional antara ayah dan anak. Dan cerita diakhiri dengan barisan beberapa kalimat dari Kayla:

Just because things are happening to you right now, doesn’t mean that they’re always gonna happen to you. And thing will change . And you know, you never know, what’s gonna, like, happen next, and that’s what makes things exciting and scary and fun. Okay. So, stay cool.”

Secara keseluruhan, cerita Eighth Grade mengangkat isu salah satu atau beberapa masalah yang dihadapi remaja kelas delapan yang akan menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jadi, film ini tentunya film remaja yang layak ditonton untuk remaja, atau bahkan orangtua.

Nilai: 4/5