The Nutcracker n and the Four Realms (2018)

The Nutcracker and the Four Realms merupakan film keluarga, fantasi, petualangan Amerika. Film produksi Disney ini disutradarai oleh Lasse Hallström dan Joe Johnston, dan ditulis Ashleigh Powell. The Nutcracker and the Four Realms dibintangi oleh Keira Knightly, Mackenzie Foy, Morgan Freeman, Jayden Fowora-Knight, Hellen Mirren, Eugenio Derbez, Richard E. Grant, Matthew Macfayden, Ellie Bamber, Tom Sweet, dan masih banyak lagi. Film ini rilis premier di Los Angeles pada 29 Oktober 2018, dan rilis oleh Walt Disney Studios Motion Pictures di Amerika Serikat pada 2 November 2018.

The Nutcracker and the Four Realms mengisahkan seorang gadis, Clara Stahlbaum (Mackenzie Foy), yang mendapat sebuah hadiah dari mendiang ibunya, Marie Stahlbaum (Anna Madeley). Hadiah tersebut berupa sebuah kotak yang berisi kerajinan tangan yang berbentuk telur emas yang cantik dan sepucuk surat yang berisi: “Everything you need is inside.” Namun sayangnya telur tersebut tidak dapat dibuka lantaran tak ada kunci di dalam kotak tersebut.

Pada saat Clara dan keluarganya; ayah, Benjamin Stalhbaum (Matthew Macfayden), dan kedua saudaranya, Louise Stahlbaum (Ellie Bamber) dan Fritz Stahlbaum (Tom Sweet), menghadiri sebuah pesta, Clara menemui ayah baptisnya yang juga ahli mesin, Drosselmeyer (Morgan Freeman), untuk menanyakan tentang kunci telur hadiah ibunya dan memintanya untuk membukanya.

Drosselmeyer tidak memberikan kunci itu pada Clara, kemudian ia mengumumkan pada anak-anak dan mereka yang datang untuk mencari hadiah mereka masing-masing dengan nama yang tergantung di tiap tali yang harus mereka ikuti kemana arah tali itu. Dan di situlah hadiah masing-masing anak berada.

Clara mengikuti sebuah tali yang menggantung namanya. Ia mengikuti kemana tali itu berakhir hingga membawa Clara ke suatu tempat yang disebut hutan pohon natal. Di tempat itu, ia menemukan kuncinya. Sayangnya, tangannya kurang cepat dengan si tikus mouserinks yang mengambil kuncinya dan lari menuju ke empat dunia atau alam. Ia mengejar sang tikus dan bertemu dengan seorang pengawal Nutcracker, Kapten Philip Hoffman (Jayden Fowora-Knight), yang menjaga jembatan yang menuju empat alam.

Awalnya, sang kapten tak bersedia menyebutkan palang jembatan tersebut. Hingga Clara menyebutkan nama lengkapnya, Kapten Hoffman langsung bersedia membukanya. Di alam tersebut, Clara bertemu dengan representasi empat alam tersebut. Mereka adalah Sugar Plum (Keira Knightly) perwakilan pulau manisan atau permen, Hawthrone (Eugenio Derbez) perwakilan pulau bunga, Shiver (Richard E. Grant) perwakilan perwakilan pulau serpihan salju, dan Mother Ginger (Hellen Mirren) perwakilan pulau hiburan.

Dari cerita Sugar Plum kepada Clara bahwa Mother Ginger yang tak bersatu bersama ketiga alam yang lainnya akan menghancurkan ketiga alam yang sudah dibuat oleh ibunya. Ditambah dengan kuncinya yang dibawa oleh Mouserinks yang tinggal bersama Mother Ginger juga cerita yang disampaikan melalui pertunjukkan penari balet, Clara ditemani kapten Philip Hoffman bertekad mendatangi alam tempat Mother Ginger.

Jalinan cerita The Nutcracker and the Four Realms cukup ringan dan sederhana, meskipun film ini berplot twist. Cerita film ini sangat tipikal dengan beberapa film Disney. Dari segi visualisasi, film-film produksi Disney tak perlu diragukan lagi. Akhir cerita, sudah pasti bisa ditebak akan berakhir seperti apa.

Sebagai aktris Amerika, usaha Mackenzie Foy dalam memainkan karakter Clara Stahlbaum dengan aksen British cukup baik.

Dengan cerita yang ringan dan konflik yang tak kompleks, film The Nutcracker and the Four Realms layak untuk ditonton segala umur dan keluarga.

Nilai: 3/5