The Guilty (2018)

The Guilty merupakan film drama thriller Denmark. Dalam Bahasa Denmark film ini berjudul Den Skyldige. Film yang  berdurasi selama kurang lebih satu jam dua puluh empat menit ini disutradarai oleh Gustav Möller dan ditulis oleh Gustav Möller dan Emil Nygaard Albertsen. The Guilty dibintangi oleh Jakob Cedergren. Film ini rilis di Denmark pada 14 Juni 2018, dan rilis di Amerika Serikat pada 19 Oktober 2018.

The Guilty mengisahkan seorang polisi, Asger Holm (Jakob Cedergren), yang bertugas sebagai penerima telepon di Pusat Darurat Kopenhagen. Tugasnya hanya menerima telepon dari seseorang yang sedang mendapatkan masalah dan sebisa mungkin ia membantunya melalui jaringan telepon dan komputer di depannya yang bisa mendeteksi keberadaan di penelepon.

Telepon-telepon yang ia terima datang dengan aduan masalah-masalah yang bisa ia atasi. Namun satu panggilan telepon telah membuatnya tidak beranjak dari tempat duduknya walaupun waktu kerjanya sudah berakhir.

Seorang wanita bernama Iben Østergård (suara Jessica Dinnage) menelepon Asger dengan mengatakan bahwa ia sedang dalam bahaya. Seseorang sedang berusaha menyakitinya dan membawanya pergi ke suatu tempat.

Iben meminta pertolongan pada Asger serta mengatakan bahwa ia memiliki anak perempuan berusia 6 tahun, Mathilde (suara Katinka Ever-Jahnsen) dan anak laki-lakinya yang masih sangat kecil, Oliver, sedang berada di rumah tanpa siapapun yang mendampingi mereka. Dengan suara Iben yang sangat ketakutan dan sangat meyakinkan, hal itu membuat Asger dengan semampunya membantu Iben.

Hanya dengan sambungan telepon dan komputer di mejanya, Asger menghubungi semua rekan kerja dan temannya untuk membantu mengawasi dan menyelesaikan masalah Iben.

Jalinan cerita The Guilty sangat sederhana dan ringan akan tetapi cukup menarik. Meskipun dari awal hingga akhir cerita hanya berpusat pada satu karakter Asger Holm, satu ruangan, dan tak ada aksi atau pun pergerakan tokoh, namun film ini tidak membosankan bagi saya. Ekspresi Asger Holm, emosional, dan barisan dialog suara penelepon mampu membuat penonton merasakan emosi dari setiap barisan kata yang terdengar di saluran telepon Asger Holm.

Nilai: 4.5/5