Sadie (2018)

Sadie merupakan film drama Amerika. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Megan Griffiths. Film Sadie dibintangi oleh Sophie Mitri Scholls, Melanie Lynskey, Danielle Brooks, John Gallagher Jr., Tony Hale, Keith L. Williams, Tee Dennard, dan beberapa pemain pendukung lainnya. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam tiga puluh enam menit ini rilis di Amerika Serikat pada 12 Oktober 2018.

Sadie mengisahkan seorang anak perempuan usia 13 tahun, Sadie (Sophie Mitri Scholls), yang ingin menjaga keutuhan keluarganya di saat ayahnya yang seorang tentara sedang melakukan tugas di luar negara. Sang ayah tidak pulang selama empat tahun lebih dan tak tahu kapan akan kembali.

Dalam penantiannya, Sadie mengirimi surat untuk memberi kabar serta menceritakan apa yang ia rasakan dan berharap ayahnya membalas setiap suratnya.

Ibu Sadie, Rae (Melanie Lynskey) mencoba mempertahankan keadaan kesendiriannya sambil menunggu suaminya pulang. Bahkan ketika seorang laki-laki, Bradley (Tony Hale), yang juga guru konsuler Sadie mencoba mendekatinya, Rae tak ingin memberi harapan pada laki-laki itu.

Keadaan berubah ketika Rae bertemu seorang tetangga baru, Cyrus (John Gallagher Jr.). Rae langsung tergoda dan jatuh cinta padanya. Tentu Sadie tak menyukai itu. Dengan berbagai cara, ia ingin menjauhi ibunya dari Cyrus atau laki-laki manapun hingga ayahnya pulang dan berharap keluarganya akan kembali utuh.

Inti dari keseluruhan film Sadie adalah sebuah pengharapan seorang anak remaja yang tak akan pernah berhenti melakukan sesuatu demi mempertahankan keutuhan keluarganya meskipun nampak tak ada harapan lagi. Sadie sangat ingin ayahnya pulang dan menjadi anak dengan memiliki orangtua yang utuh. Ia sangat mengagumi sosok ayahnya yang seorang tentara, bahkan menyebutnya seorang pahlawan di depan Cyrus dan menuliskan sebuah esai di kelasnya dengan judul The Person I Admire Most.

Dari rangakaian cerita yang sederhana, Film Sadie mengangkat isu sisi-sisi remaja dan gejolak emosional yang ditunjukkan lewat karakter Sadie. Sebagai seorang ibu, Rae sangat sabar menghadapi Sadie yang kadang tak bisa dipahami. Tak ada kekerasan fisik ataupun psikis dalam film ini. Meskipun begitu, film ini bukan film yang disuguhkan untuk penonton remaja, menurut saya 😊.

Nilai: 4/5