The Predator (2018)

The Predator merupakan film laga fiksi ilmiah Amerika. Film ini adalah rangkaian keempat dari film Predator tahun 1987, Predator tahun 1990, dan Predators 2010. The Predator diangkat berdasarkan karakter Jim Thomas dan John Thomas. Film yang berdurasi selama satu jam empat puluh sembilan menit ini disutradarai oleh Shane Black, dan ditulis oleh Shane Black dan Fred Dekker.

The Predator dibintangi oleh Boyd Holbrook, Olivia Moon, Jacob Tremblay, Trevante Rhodes, Sterling K. Brown, Keegan-Michael Key, Thomas Jane, Alfie Allen, Augusto Aguilera, Yvonne Strahovski, dan beberapa pemain pendukung lainnya. Film ini rilis premier di Toronto International Film Festival (TIFF) pada 6 September 2018, dan rilis di Amerika Serikat pada 14 September 2018.

Cerita The Predator bermula dari jatuhnya sebuah pesawat sekelompok predator ke bumi pada saat sekelompok tentara, yang dikomandani oleh Quinn McKenna (Boyd Holbrook), sedang melakukan misi pengambilan kembali dua orang sandera. Ketika misi belum selesai dilakukan, mereka sudah diserang oleh salah satu predator yang selamat. Dua teman McKenna, Dupree (Mike Dopud) dan Haines, tewas dibunuh predator sementara McKenna selamat dan mengambil dua serpihan salah satu predator yang hancur yaitu berupa helm atau penutup kepala dan salah satu lengan yang berbentuk besi yang memiliki kekuatan. Dua benda tersebut dikirim ke rumahnya.

Sebagai perintah dari agen pemerintah Will Traeger (Sterling K. Brown), salah satu predator berhasil ditangkap dan dibawa ke tempat laboratorium khusus untuk melakukan ekperimen dan observasi pada predator tersebut, sekaligus dijadikan sebagai projeknya. Dibantu oleh seorang biologis evolusioner Dr. Casey Brackett (Olivia Munn), Will meminta sang biologis untuk mempelajarinya. Namun belum sampai Casey Bracket menyentuh makhluk yang disebut The Predator yang sedang diikat dan tertidur, predator itu bangun dan mengamuk dengan kekuatannya yang luar biasa. Keadaan tiba-tiba menjadi kacau dan banyak memakan korban yang ada di dalam dan luar ruangan.

Sedangkan di tempat lain McKenna ditangkap oleh Will dan ditahan bersama lima orang lainnya yang memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda. Mereka adalah Nebraska William (Trevante Rhodes) seorang mantan pelaut, Lynch (Alfie Allen) yang juga seorang mantan pelaut, Coyle (Keegan-Michael Key) seorang veteran militer, Baxley (Thomas James) seorang veteran militer yang setelah perang dari Afganistan dan Iraq menderita post-traumatic disorder, dan Nettles (Augusto Aguilera) seorang mantan pilot helikopter Huey. Mereka bukan hanya memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda, akan tetapi juga memiliki karakter yang berbeda pula. Mereka unik, lucu, konyol, akan tetapi sangat solid pada saat menyerang sang predator.

Sementara itu, sesampainya dua benda yang dikirim ke rumah McKenna yang mana hanya ada istri McKenna, Emily McKenna (Yvonne Strahovski), dan anak laki-lakinya yang berusia 10 tahun, Rory McKenna (Jacob Tremblay), yang nampak seperti anak autis dan selalu dirundung oleh dua anak laki-laki di sekolahnya.

Tanpa bertanya pada siapapun, Rory langsung membuka kotak itu. Helm dan lengan besi yang nampak seperti mainan keren langsung menarik perhatian Rory. Di dalam ruang khusus menaruh benda-benda tertentu, Rory mencari tahu benda apa yang ada di hadapannya. Dan pada malam Halloween, ia memakai kedua benda itu sebagai kostum Halloweennya. Ia bahkan tak tahu bahwa dua benda itu adalah benda yang sedang dicari oleh predator yang telah memakan banyak korban.

Jalinan cerita The Predator cukup menarik bagi saya. Jalan ceritanya cukup kuat dari awal hingga akhir. Aksi laganya pun cukup seru, walaupun agak sedikit membosankan di akhir-akhir cerita.

Setelah bermain dalam film drama dan horor seperti Room (2015) , Before I Wake (2016) The Book of Henry (2017), Wonder (2017), dan beberapa film yang lain, The Predator merupakan film laga pertama Jacob Tremblay.

Dalam setiap film yang di dalam nya terdapat hubungan antara anak dan ayah, hampir semua film yang saya tonton selalu ada barisan percakapan sederhana atau pun mendalam yang menjadi bagian dari ceritanya. Begitu pun dengan film ini. Ketika McKenna dan teman-temannya sedang beristirahat dari melawan predator, McKenna datang duduk di samping Rory yang nampak sedih atas perbuatannya lantaran ia merasa telah membuat banyak orang menderita dan ketakutan.

Rory: “Sorry, I never grow up, you know, the way you wanted.”

Mckenna: “Truth is, Kid, I never grew up, the way I wanted.”

Nilai: 4/5