DriverX (2018)

Jika ingin tahu apa rasanya jadi sopir transportasi berbasis online seperti Grab dan Gojek, film DriverX menggambarkan sebagian kisah dari sudut pandang sang sopir.

Soerang ayah juga suami, Leonard Moore (Patrick Fabian), sedang mengalami masalah finansial dalam rumah tangganya. Istri Leonard, Dawn Moore (Tanya Clarke), yang bekerja menuntut Leonard untuk mencari pekerjaan demi menutupi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sekolah kedua anak perempuan mereka, Miranda Moore (Venice Weaver) dan Emma Moore (Vienna Weaver).

Sebelumnya, Leonard bekerja di toko kaset dengan lagu-lagu lama miliknya. Namun toko tersebut bangkrut. Ketika ia mencoba melamar pekerjaan di sebuah perusahaan di bidang musik, ia tak mengerti, tak tahu satu lagu, atau genre musik yang sedang hits saat ini di kalangan anak-anak muda pada saat ia diwawancarai.

Tak diterima di tempat tersebut, Leonard mencari pekerjaan di tempat lain, akan tetapi tetap tak membuahkan hasil. Bahkan ia harus menjual banyak kaset tuanya demi memenuhi kebutuhan yang harus ia penuhi segera dengan hasil penjualan yang tak sesuai dengan apa yang ia harapkan. Rasa putus asa membawanya pada pekerjaan yang tak sengaja ia temui pada saat seorang supir DriverX menawarinya untuk menumpang. Dengan segera, Leonard membuka aplikasi DriverX dan mengisi beberapa kolom formulir. Dan tanpa wawancara face to face Leonard langsung diterima sebagai supir DriverX.

Malam itu juga, Leonard menggunakan mobilnya sendiri yang dipasang dengan platform X di sudut mobil mencari penumpang. Dan ‘petualangan’nya pun dimulai.

Diawali dengan dimarahi penumpang karena Leonard belum paham cara kerja menjadi sopir DriverX, bertemu dengan penumpang yang mabuk, rese‘ dan aneh, curhat, muntah, hingga sangat aktif bertanya padanya. Namun sayangnya, kerja Leonard sebagai sopir belum bisa mencukupi masalah keuangannya, bahkan diperburuk dengan hubungannya dengan istrinya. Dan pada seorang teman, Leonard mengatakan bahwa,

Driving is my dirty secret.”

DriverX merupakan film drama Amerika. Film ini rilis di Amerika Serikat pada 30 November 2018. DriverX disutradarai dan ditulis oleh Henry Barrial. Film yang berdurasi kurang lebih selama satu jam tiga puluh delapan menit ini dibintangi oleh Patrick Fabian sebagai bintang utamanya.

Rangkaian cerita DriverX cukup ringan dan sederhana. Cerita film ini mengangkat isu sedikit banyak tentang pengalaman yang dialami oleh sopir online dari satu perjalanan ke perjalanan lain, satu tempat ke tempat lain dengan penumpang yang variatif.

Dan, hal sederhana yang dapat diambil dalam cerita DriverX adalah, meskipun berada di tengah situasi yang tak nyaman, Leonard tetap berusaha menjadi ayah dan suami yang baik.

Nilai: 3.8/5