Bird Box (2018)

Apa jadinya apabila kita memiliki penglihatan sempurna akan tetapi dipaksa atau terpaksa harus menutup mata? Karena jika tidak, maka siapapun akan tewas sia-sia karena ‘virus’ yang tersebar melalui udara atau pun dari mata ke mata seseorang yang telah terinfeksi. Hal itu seperti memutus sebuah kehidupan, harapan, masa depan, dan indahnya dunia. Hal itu yang terjadi dalam film Bird Box.

Bird Box merupakan film drama, thriller, fiksi-ilmiah Amerika. Film yang didistribusikan oleh Netflix ini diangkat dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Josh Malerman pada tahun 2014.

Bird Box dibintangi oleh Sandra Bullock, Trevante Rhodes, John Malkovich, Sarah Paulson, Danielle Macdonald, Vivien Lyra Blair, Julian Edwards, Tom Hollander, dan aktor pendukung lainnya. Film yang berdurasi selama kurang lebih dua jam empat menit ini rilis di Amerika Serikat pada 21 Desember 2018.

Bird Box mengisahkan tentang seorang ibu, Malorie Hayes (Sandra Bullock), yang berjuang mencari tempat yang aman bagi dua anak yang masih berusia delapan tahun, Boy (Julian Edwards) dan Girl (Vivien Lyra Blair), dari ‘virus’ yang akan membunuh mereka jika mereka keluar tanpa penutup mata. Mereka harus berjuang melewati sungai selama 42 jam dengan mata tertutup untuk mencari tempat yang aman melalui petunjuk yang Malorie dapatkan.

Sejak adanya ‘virus’ yang menelan banyak korban di kotanya, Malorie yang sedang hamil harus menyelematkan diri dan calon bayinya dari tiap kontak mata dan udara luar yang tak lagi aman. Banyak korban yang berjatuhan karena mereka telah terserang oleh ‘virus’ yang tak jelas darimana asalnya.

Di satu rumah milik seorang laki-laki yang bernama Douglas (John Malkovich), Malorie dan beberapa orang lainnya bertahan di rumah tersebut. Salah satu diantara mereka, Olympia (Danielle Macdonald), juga sedang hamil seperti Malorie. Tak ada pilihan lain bagi mereka untuk menghabiskan waktu mereka di dalam rumah tanpa sedikitpun udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah demi bertahan hidup.

Douglas sang pemilik rumah sangat berhati-hati menerima orang yang akan masuk ke rumahnya. Ia berkata:

Every contact we have had with the outside has brought us death.”

Namun Olympia tak mengindahkan kata-kata Douglas. Ia seenaknya memasukkan orang asing bernama Gary (Tom Hollander) yang ia pikir tak terinfeksi oleh virus dari luar.

Douglas sangat marah, dan kepercayaan masing-masing diantara mereka dipertaruhkan. Apakah Gary orang baik atau jahat? Apakah prasangka Douglas benar terhadap Gary? Bagaimana nasib Malorie dan teman-temannya? Apakah Malorie, Boy, dan Girl berhasil melewati terjangan ombak selama perjalanan mereka di sungai?

Alur cerita Bird Box maju mundur. Rangkaian cerita film ini cukup menarik dan psikologikal. Terdapat beberapa adegan yang cukup intens dan emosional. Pesan moral yang disampaikan di akhir cerita cukup mengharukan dan tak terduga.

Bagi saya, cerita dan pesan moral yang ingin disampaikan dalam film ini sangat baik.

Aktor cilik Julian Edwards dan Vivien Lyra Blair berakting sangat baik dan menggemaskan.

Dan setelah penayangannya, film ini dijadikan challenge atau tantangan oleh beberapa masyarakat Amerika dengan nama Bird Box Challenge. Yakni bagi mereka yang ingin melakukan tantangan tersebut harus menutup mata mereka (sama dengan apa yang dilakukan oleh Malorie dan dua anaknya) saat menjalankan suatu tantangan. Hasilnya, ada yang berakhir baik ada pula yang berakhir buruk, bahkan sangat buruk.

Nilai: ∗∗∗∗4/5