Astral (2019)

Alih-alih ingin berkomunikasi dengan ibunya yang sudah lama meninggal, seorang mahasiswa dan temannya membuat projek astral untuk memanggil arwah ibunya namun justru ia malah ‘diikuti’ oleh makhluk gaib yang disinyalir memiliki kekuatan yang kuat. Sepenggal kisah itu terjadi dalam film Astral.

Astral merupakan film drama, horor, fiksi-ilmiah Inggris. Film yang berdurasi satu jam dua puluh tiga menit ini rilis di Inggris pada Januari 2019. Astral disutradarai oleh Chris Mul dan ditulis oleh Chris Mul dan Michael Mul. Film ini dibintangi oleh Frank Dillane, Vanessa Grasse, Catherine Steadman, Damson Idris, Ned Porteous, Jennifer Brooke, Trevor White, Darwin Shaw, Mark Aiken, dan beberapa aktor lainnya yang mendukung film ini.

Film Astral mengisahkan seorang mahasiswa, Alex Harmann (Frank Dillane), yang tertarik dengan dunia astral karena mata kuliah yang sedang ia pelajari yang dikuliahi oleh dosennya, Gareth Powell (Trevor White). Hal itu menariknya pada kasus kematian ibunya, Claire Harmann (Catherine Steadman), yang tak pernah ia ketahui.

Belakangan Alex baru tahu bahwa ibunya telah meninggal dengan cara yang tak wajar. Ia sedikit jengkel dengan ayahnya, Joel Harmann (Darwin Shaw), karena tak pernah menceritakan kejadian yang sebenarnya tentang kematian ibunya hingga ia dewasa.

Melalui riset dan informasi yang Alex dapatkan, ia mencoba membuat projek astral dengan bekal ilmu yang ia dapatkan. Awalnya ia melakukannya sendiri dengan cara yang sederhana. Dan ketika ia merasakan sesuatu, ia memberitahu pada teman-temannya, Jordan Knight (Damson Idris), Ben Lawrence (Ned Porteous), Alyssa Hodge (Vanessa Grasse), dan Karina Richardson (Jennifer Brooke). Mereka tidak mempercayai hal itu, kecuali Jordan.

Alex dan Jordan mencari sebanyak mungkin informasi untuk memulai projek astral tersebut. Di malam hari, melalui perekam yang ada di laptopnya, Alex melakukan perekaman selama ia tidur. Di malam pertama nampak tak ada hal yang janggal di kamar Alex. Namun di hari berikutnya mulai muncul bayangan dalam gelap dan suara bisikan yang mengisi ruang kamar Alex selama ia tidur.

Alur film Astral maju. Rangkaian cerita film ini cukup sederhana. Cerita memadukan unsur medis dan non-medis, juga spiritual yang sedikit mengacu pada kepercayaan yang ada dalam kitab agama nasrani dan Islam atas kegiatan yang dihasilkan dari projek astral tersebut di akhir cerita.

Dari sisi horor, film ini hanya mengandalkan backsound yang sedikit, hanya sedikit, mengagetkan penonton. Tak ada sama sekali penampakan yang menyeramkan dan menegangkan dalam film ini.

Nilai: ∗∗∗3/5