Killers Within (2019)

Alih-alih ingin merampok di satu rumah besar, satu keluarga ini malah menjadi mangsa orang-orang yang ada di dalam rumah tersebut.

Killers Within merupakan film horor thriller Amerika. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam tiga puluh enam menit ini disutradarai dan ditulis oleh Paul Bushe dan Brian O’Neill. Killer Within rilis di Amerika Serikat pada 1 Januari 2019.

Killers Within dibintangi oleh Sue Walsh, Jeff Doyle, Johnny Elliott, Sam Lucas Smith, Andrew Murray, Sinead O’Riordan, Saoirse Long, Tom Naughten, Patrick Murphy, dan beberapa pemain pendukung lainnya.

Kisah Killers Within diawali dengan adegan penculikan seorang anak laki-laki, Kevin (Cormac Melia), yang sedang bersama ibunya, Amanda (Sue Walsh) di taman. Sekelompok orang bertopeng membawa Kevin dan tentunya Amanda yang hanya seorang diri tak mampu melawan mereka meskipun ia seorang polisi.

Penculikan tersebut bukan serta merta sebuah penculikan biasa. Sang penculik yang merupakan gangster kriminal obat-obat terlarang memiliki hubungan dengan ayah Kevin, Rick (Jeff Doyle), yang mana aksi mereka diketahui oleh polisi. Penculikan tersebut merupakan bentuk dari balas dendam mereka dengan meminta uang tebusan sebesar 6 juta dolar jika mereka ingin Kevin kembali.

Amanda yang sudah bercerai dengan Rick harus ‘bersatu’ kembali demi pulangnya Kevin. Mereka juga dibantu oleh adik Rick, Sam (Sam Lucas Smith), dan dua orang lainnya, Jack (Johnny Elliott) dan Neville (Patrick Murphy).

Demi mendapatkan uang sebanyak itu, Amanda dan Rick merencanakan perampokan di sebuah rumah yang sangat besar, yaitu rumah milik Philip (Andrew Murray). Philip memiliki seorang istri, Sarah (Sinead O’Riordan), dan dua orang anak; Claire (Saoirse Long) dan Carl (Tom Naughten).

Ketika Amanda dan empat yang lainnya berhasil masuk ke dalam rumah Philip dengan topeng karakter yang berbeda satu sama lain, Philip nampak lebih tenang dan twt panik dibanding istri dan dua anaknya. Meskipun Amanda dan yang lainnya tak ingin menyakiti siapapun dalam perampokan itu, namun Philip sangat amat kooperatif dengan memenuhi apa yang mereka mau.

Rick dan Philip keluar rumah untuk mengambil sejumlah uang yang Amanda dan Rick butuhkan. Namun masalah tidak selesai sampai di situ. Justru di bagian ini lah masalah Amanda dan empat yang lainnya dimulai. Mereka tak tahu rumah siapa yang mereka rampok dan siapa yang mereka akan lawan dan hadapi.

Do you think you are a hunter and we are a prey. You are the poor, weak, soft, defenseless prey and we are the hunter, the top of the pyramid, the top of food chain.”

Baris kalimat tersebut merupakan dialog Philip kepada Rick pada saat mereka dalam perjalanan pulang dengan uang yang sudah Rick dapatkan di durasi menit 45an.

Kalimat tersebut menjadi petunjuk pertama siapa Philip dan keluarganya yang sebenarnya.

Ide cerita Killer Within cukup menarik menurut saya. Terdapat beberapa bagian yang membuat penonton tak bisa menebak alur ceritanya meskipun jika diperhatikan ada beberapa petunjuk dalam cerita ini. Salah satunya adalah karakter Philip yang nampak sangat santai namun tegas, disiplin, tak takut pada siapapun, dan tenang. Sosok tersebut menunjukkan beberapa ciri khas salah satu makhluk di bumi ini yang memiliki kekuatan hebat menurut sebuah cerita zaman dulu.

Terdapat satu dialog antara Rick dan Philip yang menjadi garis besar dan barangkali menjadi pesan moral dari cerita film ini.

Rick: “We didn’t mean you any harm. It was meant to be a victimless crime.”

Philip: “No crime is victimless, Rick. You need to learn to be responsible for your actions. It’s your fault. You got involved with these drug dealers, got caught, ruined your career, that they kidnapped your child …………………… I am going to teach you the greatest lesson of all: Responsibility.”

Dari barisan kalimat tersebut penulis seperti ingin menyampaikan pesan bahwa apapun yang kita lakukan secara tidak baik atau merugikan orang lain meskipun tidak menggunakan kekerasan fisik sedikitpun, hal itu tetap salah dan harus bertanggung atas perbuatan yang sudah kita lakukan.

Nilai: ∗∗∗∗4/5