Robin Hood (2018)

Sama seperti film Robin Hood di tahun-tahun sebelumnya, cerita film Robin Hood tahun 2018 ini kurang lebih memiliki ide cerita yang sama yaitu memberantas kezaliman dan membela rakyat jelata. Namun, menurut saya, film ini tetap menarik untuk ditonton, karena tentunya terdapat hal-hal baru yang dapat ditonton dari kisah film ini.

Robin Hood merupakan film laga, petualangan, thriller Amerika. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam lima puluh enam menit ini disutradarai oleh Otto Bathurst dan ditulis oleh Ben Chandler dan David James Kelly.

Robin Hood dibintangi oleh aktor Inggris tampan Taron Egerton, Jamie Foxx, Eve Hewson, Ben Mendelsohn, Jamie Dornan, Tim Minchin, dan beberapa pemain pendukung lainnya. Film ini rilis di Amerika Serikat pada 21 November 2018.

Kisah cerita Robin Hood diawali dengan pertemuan Robin of Loxley atau Lord Loxley (Taron Egerton) dengan seorang wanita cantik rakyat biasa, Marian (Eve Hewson) yang sedang mencuri.

Pada pertemuan tersebut mereka saling jatuh cinta dan memiliki mimpi hidup bahagia bersama. Namun sayangnya hal itu tak berlangsung lama karena Robin harus pergi atas perintah Sherif Nottingham (Ben Mendelsohn) untuk mengikuti wajib militer untuk pelayanan perang salib di Jazirah Arab.

Robin dan teman-teman yang lainnya harus melawan pasukan Arab barbar. Ketika seorang tawanan Arab bernama Saleem akan dipenggal kepalanya, ayah Saleem, Yahya Ibn Umar atau John dalam bahasa Inggris (Jamie Foxx) memohon berkali-kali untuk tidak memenggal kepala anaknya. Robin yang saat itu tidak kuasa melihat kekejaman itu justru membantu Saleem dan John dari pembantaian yang dilakukan oleh teman kelompoknya. Dan sudah bisa ditebak bahwa Robin dan John berhasil melarikan diri namun tidak dengan Saleem.

Empat tahun kemudian, Robin pulang ke Nottingham. Ia mendapati rumahnya hancur berantakan dan tidak menemukan Marian. Kabar sedih terdengar di telinga Robin ketika ia datang ke gereja menemui seorang biarawan, Friar Tuck (Tim Minchin). Tuck mengatakan bahwa ia dan seluruh kota diberitakan oleh Sherif Nottingham bahwa Robin telah gugur dalam perang salib. Dan meskipun Marian sangat berduka dengan berita itu, ia sudah menemukan pasangan baru, Will Scarlett (Jamie Dornan).

Melihat Marian bersama Will di depan mata kepala Robin, hal itu seketika membuatnya patah hati. Namun datangnya John ke Nottingham mampu membuat Robin mengalihkan rasa itu karena ia memiliki tugas yang lebih penting.

John yang juga telah diambil semua miliknya oleh pemimpin Nottingham memberi semangat dan mengajarkan Robin cara memanah yang jitu dan melawan musuh. Bukan cuma itu, untuk memberantas kezaliman yang dilakukan oleh Sherif Nottingham dengan mengambil uang pungutan pajak, sumbangan gereja, dan pungutan liar yang dilakukan kepada rakyat, Robin mencuri uang-uang itu dan kemudian ia memberikan kepada rakyat yang membutuhkan. Dengan penuh penekanan dan emosional, John berkata pada Robin:

This war, all wars, and everything here, it’s as old as time. Rich man is getting richer. Men of power is taking more power from the blood of Innocents. Yours, mine, my son’s. I want to stop it.”

Dengan menyamar dan memakai tudung kepala yang disebut Hood oleh penduduk, Robin melakukan aksinya tanpa ada yang mengenalnya dan tahu rencananya bersama John, termasuk Marian perempuan yang sangat ia cintai.

Sherif Nottingham mulai geram dengan hilangnya banyak uang yang sudah ia kumpulkan dan mengajak perang terhadap laki-laki bertudung yang telah mengambil uangnya dan membongkar kejahatannya.

Jalinan cerita Robin Hood 2018 cukup ringan dan sederhana. Tidak ada konflik yang rumit yang dalam cerita film ini. Seperti yang saya tulis di atas, ide ceritanya kurang lebih hampir sama dengan cerita Robin Hood sebelum-sebelumnya. Isu yang diangkat oleh film ini terjadi di beberapa pemerintahan negara di dunia.

Sedikit drama percintaan antara Robin Hood dan Marian membumbui cerita film ini. Karakter Yahya Ibn Umar atau John juga cukup menarik karena mengangkat sedikit tentang Islam, seperti memasukkan kata Insya Alloh dan iman dalam bagian adegan film ini. Seru, lucu, juga kegantengan dan aksi Taron Egerton mengisi bagian kisah film ini.

Bagi kalian yang suka film action dengan cerita yang tidak berat, film ini bisa jadi tontonan film yang cukup menghibur.

Nilai: ∗∗∗3/5