The Hole in the Ground (2019)

The Hole in the Ground merupakan film horor thriller Inggris. Film ini disutradarai oleh Lee Cronin dan ditulis oleh Lee Cronin dan Stephen Shields.

The Hole in the Ground dibintangi oleh Seána Kerslake, James Quinn Markey, Katie Autinen, dan James Kosmo. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh menit ini rilis premier di Sundance Film Festival pada 25 Januari 2019 dan akan rilis di Inggris pada 1 Maret 2019.

The Hole in the Ground mengisahkan seorang ibu, Sarah O’neil (Seána Kerslake), yang ingin melupakan masa lalunya yang berhubungan dengan perpisahan dengan mantan suaminya.

Ia memulai hidup barunya dengan berpindah rumah ke pedesaan pinggir kota bersama anak laki-lakinya yang masih kecil, Christopher O’neil atau Chris (James Quinn Markey). Alih-alih mendapatkan ketenangan bersama Chris, Sarah justru dibuat ketakutan oleh tingkah aneh anak laki-lakinya itu.

Bermula dari bertemunya Sarah dengan seorang wanita paruh baya, Noreen Brady (Katie Autinen), yang sengaja berada di tengah jalan untuk menarik perhatian Sarah.

Dengan pakaian bertudung dan sedikit misterius, sebanyak dua kali Noreen berhasil membuat Sarah turun dari mobil. Mulut Noreen tak henti berkomat-kamit pada saat Sarah bertanya padanya. Tak menggubris pertanyaan Sarah, Noreen mendekati Chris yang sedang duduk di dalam mobil. Sambil berteriak dan memukul kaca mobil, Noreen berkata:

He’s not your boy. He’s not your son.”

Mendengar perkataan tersebut membuat Sarah ketakutan sekaligus penasaran.

Dan hal-hal aneh mulai terjadi dan muncul di hadapan Sarah setelah Chris bermain di hutan dan melihat lubang pembuangan yang sangat besar dan misterius di tengah hutan.

Alur cerita The Hole ini the Ground maju. Rangkaian cerita film ini sangat amat sederhana. Meskipun film ini bergenre horor, namun tak ada penampakan menyeramkan baik secara visual maupun audio. Walaupun demikian, film ini cukup membuat penonton penasaran dengan misteri yang disajikan dalam film ini. Bertanya-tanya apakah Sarah hanya berhalusinasi karena efek dari rumah tangganya yang hancur atau benarkah apa yang dikatakan Noreen tentang dugaannya terhadap Chris, dua pertanyaan itu bergelayut di benak saya ketika menyaksikan film ini.

Bagi kamu pecinta film horor ringan, baik dari sisi cerita maupun penampakan, barangkali film ini bisa jadi rekomendasi film horor yang pas buat ditonton.

Namun sayangnya, pengungkapan misteri yang kurang rinci dan jelas menjadi sebuah kekurangan dalam penyajian cerita film ini, menurut saya.

Nilai: ∗∗∗/5