The Possession of Hannah Grace (2018)

The Possession of Hannah Grace merupakan film horor supernatural Amerika. Film ini disutradarai oleh Diederik Van Rooijen dan ditulis oleh Brian Sieve.

The Possession of Hannah Grace dibintangi oleh Shay Mitchell, Kirby Johnson, Grey Damon, Nick Thune, Stana Katic, dan beberapa pemain pendukung lainnya. Film yang berdurasi selama satu jam dua puluh enam menit ini rilis di Amerika Serikat pada 30 November 2018.

Cerita The Possession of Hannah Grace diawali dengan adegan seorang gadis yang bernama Hannah Grace (Kirby Johnson), pendeta, dan ayah Hannah yang berusaha menenangkan tubuh Hannah yang kerasukan makhluk yang sangat kejam dengan kekuatan yang dahsyat.

Meskipun kedua tangan dan kaki Hannah terikat di tempat tidur, kata-kata sang pendeta tak mampu menenangkannya. Tubuh Hannah semakin kuat, bahkan dengan keadaan terikat Hannah mampu membuat pendeta tersebut tewas oleh kekuatan makhluk yang bersemayan dalam tubuh Hannah.

Tak tahan melihat keadaan tersebut dan sebelum ayah Hannah ikut terbunuh, ayah Hannah membekap kepala Hannah dengan bantal hingga tewas.

Kemudian cerita maju ke waktu tiga bulan kemudian. Dari sini lah cerita The Possession of Hannah Grace dimulai. Mengisahkan seorang polisi wanita Megan Reed (Shay Mitchell), yang mengambil pekerjaan di kamar mayat rumah sakit untuk sif malam setelah ia mengalami masa-masa berat selama menjadi polisi wanita yang bertugas di lapangan. Ingatan-ingatan tentang bagaimana ia harus menembak seorang penjahat selalu menghantui pikirannya.

Di satu malam,  Megan mendapatkan sekantong mayat perempuan yang harus ia urus sebelum masuk lemari mayat. Mayat tersebut berbadan kurus, sebelah tubuhnya hangus terbakar, dan nampak sangat menyeramkan. Mayat tersebut tertulis dengan nama Hannah Grace.

Melakukan prosedur pekerjaannya, Megan harus mengambil sidik jari, mengambil gambar mayat, dan beberapa hal lainnya. Dengan mayat lain yang pernah Megan tangani, semua hal tersebut sangat mudah dilakukan. Namun tidak dengan mayat Hannah Grace. Semua alat menolak melakukannya, bahkan hingga membuat alat-alat itu tak bisa digunakan.

Ruang tempat dimana Megan bekerja memiliki sistem keamanan yang sangat ketat. Tak bisa sembarang orang masuk ke dalamnya meskipun seseorang yang bekerja di rumah sakit tersebut. Namun seorang laki-laki paruh baya berhasil menyusup ke dalam ruang Megan. Ketika Megan hendak mengusir paksa, setengah berteriak dan bersikeras ingin ke kamar mayat, laki-laki itu mengatakan pada Megan:

You have to destroy the body.

Megan tidak terlalu menggubris kata-kata laki-laki itu meskipun hal-hal aneh mulai nampak di hadapannya.

Rangkaian cerita The Possession of Hannah Grace cukup sederhana, bahkan cenderung klise. Konsep cerita film ini hampir sama dengan film-film horor misteri yang pernah ada.

Lorong ruangan, toilet, lift, dan kamar mayat menjadi bagian tempat lokasi yang cukup membuat film ini berhasil membuat efek jumpscare dari beberapa adegan yang disajikan. Audio, suasana malam, sepi, dan penampakan tubuh, wajah, dan kekuatan Hannah Grace cukup membuat penonton bergidik.

Layakkah film horor ini untuk ditonton? Tentu saja layak. Tak ada adegan yang berlebihan dalam cerita film ini. Misteri yang merupakan bagian penting dari film ini diungkapkan di akhir cerita.

Nilai: ∗∗∗/5