The Wind (2019)

The Wind merupakan film horor western Amerika. Film yang berdurasi kurang lebih selama satu jam dua puluh enam menit ini disutradarai oleh Emma Tammi dan ditulis oleh Teresa Sutherland.

The Wind dibintangi oleh Caitlin Gerard, Ashley Zukerman, Julia Goldani Telles, Dylan McTee, dan Miles Anderson. Film horor ini rilis premier di Toronto International Film Festival pada 10 September 2018 dan rilis di Amerika Serikat pada 5 April 2019.

Ber-setting di tahun 1800an atau abad ke-19, The Wind mengisahkan seorang wanita muda, Lizzy Macklin (Caitlin Gerard), yang harus menghadapi kekejaman dan isolasi hidup seorang diri bersama suaminya, Isaac Macklin (Ashley Zukerman) di perbatasan daerah Barat. Kekejaman disini bermakna bukan dalam arti seseorang melakukan kejahatan pada Lizzy. Namun kata kejam diartikan dengan makna implisit yang berdampak pada situasi dan psikologi seseorang.

Sejak kehilangan bayinya, hidup Lizzy seperti dihantui oleh seseorang atau suatu makhluk yang tinggal di rumahnya. Angin yang tak berhenti menderu membuat Lizzy merasa bahwa sesuatu yang jahat akan datang ke rumahnya.

It’s coming for me. The place is wrong. We’re not supposed to be here. Now it wants my baby.” 

Kata-kata itu yang selalu diucapkan tetangga jauh Lizzy dan Isaac, Emma Harper (Julia Goldani Telles), yang baru menikah dan sedang hamil, dan juga diucapkan oleh Lizzy.

Pada awal menonton film ini, saya agak bingung dengan jalan ceritanya. Agak sulit menyatukan potongan-potongan cerita dengan alur cerita di masa lalu dan masa sekarang pada konflik yang disajikan oleh cerita film ini.

Meskipun ide cerita yang diangkat oleh film ini biasa saja, akan tetapi satu hal yang menarik bagi saya adalah setting waktu dan lokasi. The Wind juga memadukan cerita horor dengan thriller yang mampu membuat dada berdegup lebih kencang pada saat menyaksikan beberapa adegan cerita.

Misteri siapa makhluk-makhluk yang mengganggu hidup Lizzy atau kah hal itu hanya halusinasi Lizzy adalah pertanyaan besar yang mampu membawa penonton harus menonton film ini sampai akhir.

Nilai: ⭐⭐⭐/5