Jambu Bol atau Jambu Jamaika

Jambu Bol adalah nama buah-buahhan sejenis jambu air. Tekstur daging buah ini hampir sama dengan jambu air. Namun buah jambu ini lebih besar, tebal, lembut, dan lebih padat.

Tidak tahu pasti mengapa jambu ini dinamakan jambu bol. Namun nama bol mengacu pada bahasa melayu, dan dalam bahasa Betawi bol berarti pantat. Barangkali karena bentuknya yang mirip dengan pantat. Apabila belum pernah melihat buah ini, mohon jangan dibayangkan, karena bentuk jambu ini tak seburuk itu.

Saya mengenal jambu ini ketika saya masih kecil (sekitar tahun 80-90an) karena pohon ini tumbuh besar dan rindang di lingkungan sekitar rumah saya. Seiring berjalan waktu, dimana banyak pohon-pohon besar yang ditebang, keberadaan jambu ini pun hampir tak ada jejaknya.

Seperti melihat sesuatu yang berharga, senang rasanya bisa melihat buah ini lagi nampak matang berwarna merah tua cantik di pojok pelataran rumah siswa privat saya. Lucunya, siswa saya tak mengenal apa nama pohon dan buah yang tumbuh rindang di depan rumahnya. Bahkan bertahun-tahun tumbuh di depan rumahnya, ia tak tahu bagaimana rasa dari buah eksotis itu.

Rasa Jambu bol tergantung tingkat kematangannya. Ada yang rasanya manis, asam, dan sepat. Jika matang sempurna, buah ini akan terasa manis dan juicy, dan buahnya tercium harum.

Nama buah jambu bol mungkin tak terlalu populer di kalangan anak-anak Indonesia zaman sekarang. Namun saat ini, beberapa orang menamakan jambu ini dengan menyebut nama kerennya jambu Jamaika.

Jika ingin tahu bagaimana penampakan dari jambu bol atau jamaika, teman-teman bisa tonton di vidio ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *