All Creatures Here Below (2018)

You can run from the past, but not from the truth. (Kamu bisa lari dari masa lalu, tapi tidak dari kenyataan.)

Baris kalimat diatas merupakan highlight dari film All Creatures Here Below.

All Creatures Here Below merupakan film drama yang mengangkat isu tentang seseorang yang memiliki masa kecil dengan kehidupan sosial yang buruk dan berdampak hingga dewasa.

Seorang pasangan muda, Gensan (David Dastmalchian) dan Ruby (Karen Gillan), menjalani masa-masa sulit dan keputusasaan dengan hidup yang mereka jalani. Gensan yang terkena PHK dari tempat kerjanya di sebuah restoran pizza, begitu juga dengan Ruby yang bernasib sama, jasanya tak lagi digunakan sebagai pembersih gereja.

Gensan yang putus asa menemui temannya yang melakukan taruhan sabung ayam. Sedangkan Ruby tak terlalu ambil pusing dengan kehilangan pekerjaan. Ia memulung sesuatu yang bisa ia makan atau jual.

Datangnya Gensan ke tempat sabung ayam justru membuat hidupnya semakin runyam. Pada saat pertarungan ayam berlangsung, polisi datang mengamankan tempat tesebut. Dan Gensan hampir menjadi sasaran petugas. Ia berhasil lolos dengan mencuri sebuah mobil.

Seperti tak ada pilihan lain, Gensan merencanakan melarikan diri ke Kansas City bersama Ruby. Niat Gensan melarikan diri untuk menyelesaikan satu masalah, namun Ruby justru membawa masalah baru dengan mengambil bayi tetangganya (yang mereka beri nama Irene) yang sedang menangis dan tak ada satupun seseorang di dekatnya.

Ruby yang keras kepala dan sangat menyukai bayi perempuan itu membuat Gensan membiarkannya membawa Irene bersama mereka.

All Creatures Here Below mengangkat isu tentang simbol kegagalan seseorang karena masa lalu di masa kecil mereka dengan pendidikan yang sangat rendah dan sangat miskin yang kemudian berdampak pada kehidupan sosial mereka.

Dua karakter yang berpusat pada Gensan dan Ruby memiliki karakter yang hampir sama namun di satu sisi mereka memiliki satu karakter yang berlawanan satu sama lain. Gensan lebih kasar dan terburu-buru, namun penyayang. Sedangkan Ruby sangat polos, baik, kadang kekanak-kanakkan, namun ia sangat tenang dan santai menghadapi sesuatu.

Film yang disutradarai oleh Collin Schiffi ini memiliki rangkaian cerita dan konflik cukup sederhana, namun dua karakter tersebut mampu membawa penonton mengikuti perjalanan mereka kemana akan berakhir dan seperti apa. Dan akhir cerita yang tak terduga disajikan oleh film yang ditulis oleh David Dastmalchin si pemeran Gensan ini.

Satu-satunya hal yang menarik buat saya dari film yang berdurasi selama satu jam tiga puluh satu menit ini adalah karakter bayi Irene yang menggemaskan yang mampu mengisi bagian film ini menjadi sangat drama dalam beberapa adegan.

Nilai: ⭐⭐⭐/5