Murder Mystery (2019)

Melihat nama Adam Sandler dan Jennifer Aniston sudah bisa ditebak film bergenre apa yang akan disajikan dalam film Murder Mystery. Yep, film yang digarap oleh Kyle Newacheck dan ditulis oleh James Vanverbilt ini bergenre komedi misteri.

Setelah 15 tahun menikah, pasangan suami istri, Nicholas Spitz atau Nick (Adam Sandler) seorang detektif NYPD dan Audrey Spitz (Jennifer Aniston) seorang penata rias rambut, melakukan perjalanan ke Eropa untuk merayakan ulang tahun pernikahan mereka.

Perjalanan tersebut dihadiahkan oleh Nick yang ingin membahagiakan Audrey meskipun dengan anggaran yang pas-passan karena sebenarnya Nick yang telah gagal tes tiga kali bukanlah benar-benar seorang detektif.

Pada saat di pesawat, Audrey yang usil berjalan menuju ruang pesawat kelas bisnis tanpa sepengetahuan pramugari. Di dalam ruangan yang memiliki bar itu, ia bertemu salah seorang penumpang kaya raya, Charles Cavendish (Luke Evans). Charles mengundang Audrey ke kapal yacht milik keluarganya.

Awalnya Nick menolak undangan tersebut, akan tetapi ketika ia melihat mobil yang akan menjadi kendaraan mereka selama di Eropa nampak sangat tak nyaman, mereka langsung menerima ajakan tersebut.

Di dalam kapal yacht tersebut hanya Nick dan Audrey yang bukan bagian dari keluarga Chales. Pada saat semua keluarga berkumpul di salah satu ruangan, termasuk Audrey dan Nick, Malcolm Quince (Terence Stamp), pemilik kapal yacht tersebut datang bersama istri barunya, Suzi Nakamura (Shiori Kutsuna).

Di depan anaknya; Tobias Quince atau Toby (David Williams), keponakan-keponakannya, juga pengawalnya, Malcolm mengumumkan bahwa ia akan mewarisi semua kekayaannya pada Suzi. Tentunya hal tersebut membuat mereka tak menyukai itu. Salah satu dari mereka, Grace Ballard (Gemma Aterton), menunjukkan ketidaksetujuanya dengan meninggalkan ruangan tersebut.

Tanpa menghiraukan ketidaksetujuan keluarganya, Malcolm Quince tetap menandatangani surat warisan tersebut. Pada saat pena sudah dipegang oleh Malcolm dan siap melakukan tanda tangan, lampu tiba-tiba mati dan Malcolm sudah dalam keadaan tewas tertusuk benda tajam ketika lampu sudah menyala.

Ide cerita yang diangkat dalam Murder Mystery adalah ide cerita komedi klasik. Misteri yang disajikan dalam film ini digarap dalam bentuk komedi juga. Gurauan-gurauan yang dibawakan oleh karakter Nick, Audrey, dan beberapa pemain lainnya juga terasa klise dan biasa saja.

Meskipun bagian misteri tidak digarap terlalu serius, akan tetapi karena film ini mampu membawa rasa penasaran penonton siapa pembunuh Malcolm, film Murder Mystery cukup menghibur dan memuaskan menurut saya.

Film Murder Mystery bukan film yang tayang di bioskop. Film ini tayang streaming di Netflix sejak 14 Juni 2019.

Bintang yang saya beri untuk film ini, ⭐⭐⭐/5