Assimilate (2019)

First they bite you, then they turn into you (pertama mereka akan menggigitmu, kemudian mereka akan menjadi dirimu), kalimat itu adalah slogan yang pas untuk menggambarkan film Assimilate.

Tiga orang remaja; Zach Henderson (Joel Courtney), Randy Foster (Calum Worthy), dan Kayla Shepard (Andi Matichak), membuat serial website yang mereka namakan Web Show yang isinya tentang lingkungan tetangga dan kota kecil mereka. Mereka merekam semua hal yang bisa mereka rekam dengan kamera kecil yang menempel di kerah baju.

Pada malam hari ketika Randy dan Zach sedang merekam sesuatu, mereka mendengar sebuah teriakan di salah satu rumah tetangga mereka, Mrs Bissette (Amye Gousset). Dan mereka mendapati anak perempuan Mrs Bissette sudah dalam keadaan sedang menangis ketakutan dengan segaris gigitan di pahanya yang berdarah.

Mencari tahu makhluk hitam sang penggigit itu berlari, Randy dan Zach melihat pastor Greg (Terry Dale Parks) dan beberapa orang yang berada di dalam mobil menunggu datangnya makhluk itu masuk ke kandang berukuran sedang yang sudah disiapkan sang pastor.

Masih mencari tahu tentang makhluk tersebut dengan kamera, keesokan harinya mereka mendatangi gereja untuk bertemu dengan pastor Greg. Dan mendapati pastor Greg tidak seperti dirinya yang mereka kenal meskipun secara fisik dan semuanya sama persis dengan pastor Greg.

Film Assimilate disutradarai oleh John Murlowski dan skenario film ini juga ditulis oleh John Murlowski dan Steven Palmer Peterson. Film horor fiksi ilmiah yang disajikan oleh film ini bukanlah film horor tentang ketakutan akan hal-hal supernatural atau pun menyajikan adegan berdarah-darah. Namun cerita Assimilate lebih menyajikan cerita horor tentang ketakutan akan kehilangan diri sendiri dan orang-orang yang mereka sayangi. Ketika sesuatu telah “di-copy“, maka yang asli harus dimusnahkan. Begitulah kira-kira penggambaran singkatnya.

Petunjuk yang menjadi teka teki apa atau siapa makhluk yang menggigit semua manusia di kota kecil itu “disembunyikan” hingga akhir cerita. Jadi penonton cukup dibawa penasaran dan tak bisa menebak-nebak makhluk tersebut seperti apa, darimana, dan mengapa bisa ada di kota tersebut

Rasa menegangkan yang diciptakan dari adegan horor yang dimunculkan dalam film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh tiga menit ini terasa biasa saja bagi saya. Begitu juga dengan bagian cerita yang kurang detil dan mendalam tentang makhluk yang menjadi sumber masalah cerita film ini.

Meskipun ide cerita film ini hampir sama dengan beberapa film yang pernah ada, namun Assimilate bisa menjadi film horor fiksi ilmiah yang layak buat ditonton.

Untuk cerita film in saya akan memberikan ⭐⭐/5