A.M.I (2019)

Jika teman-teman bosan dengan film horor dengan cerita yang gitu-gitu aja, film A.M.I barangkali bisa jadi pilihan tontonan film horor yang berbeda. Cerita film A.M.I menggabungkan unsur horor, teknologi, dan psikopat di dalamnya.

Seorang remaja, Cassie (Debs Howard), sangat terpukul dengan kematian ibunya. Untuk memulihkan rasa itu ia harus meminum pil yang diberikan dokter psikiaternya.

Salah seorang teman Cassie memberi tahu tentang sebuah aplikasi di telepon pintarnya yang bernama A.M.I (Artificial Machine Intelligence). Ia juga menyarankan untuk mengunduhnya.

Cassie tak terlalu tertarik dengan aplikasi itu pada mulanya, hingga akhirnya ia membukanya kemudian menyesuaikan suara A.M.I yang mirip dengan suara ibunya. Dalam sekejap, suara itu ia panggil Ibu dan selalu aktif kemanapun ia pergi. Suara itu seperti mampu mengembalikan ibu Cassie dalam bentuk dan dimensi lain.

Sama halnya seperti Siri dalam Iphone atau OK Google dalam OS android, aplikasi A.M.I juga sangat cerdas. Aplikasi itu mampu melihat semua data yang ada dalam telepon seluler dan bisa memindai semua yang muncul tepat berada di depannya, bahkan memiliki emosional seperti manusia, melakukan bedtime story, dan menyanyikan lagu kesukaan Cassie pada saat anak-anak.

Konflik dalam A.M.I sebenarnya sangat klise, yakni ketidaksetiaan seorang laki-laki atau Playboy yang menjadi karakter kekasih Cassie, Liam (Sam Robert Muik), yang berakhir dengan saling bunuh. Namun dengan mengangkat isu psikopat, pembunuhan dalam film ini dilakukan dengan sangat sadis dan dipengaruhi oleh kata-kata A.M.I, suara dalam sebuah aplikasi.

Meskipun rangkaian cerita yang disajikan biasa saja, namun di akhir cerita saya seperti menangkap pesan yang disampaikan melalui film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tujuh belas menit ini. Melalui karakter Cassie, dalam beberapa adegan terdapat sarkasme yang ditujukan bagi orang-orang yang tak bisa melepaskan telepon seluler atau telepon pintar dari kehidupan mereka. Alih-alih mengambil hal baik dari fungsi telepon pintar, justru hal buruk yang mereka ambil, menjadi adiktif atau ketergantungan, dan parahnya sesuatu yang tak berwujud itu mampu mengontrol hidup seseorang dalam hal yang tak baik.

Film yang digarap oleh Rusty Nixon dan ditulis oleh James Clayton ini rilis di Amerika Serikat pada 2 Juli 2019. A.M.I dibintangi oleh Debs Howard, Sam Robert Muik, Philip Granger, Veronica Hampson, dan Havana Guppy.

⭐⭐⭐/5 untuk film A.M.I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *