Lying and Stealing (2019)

Seorang konsultan seni yang seharusnya melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya justru harus melakukan pencurian sebuah karya seni yang harus ia setorkan ke “bos” nya.

Ivan Warding (Theo James) demi memenuhi hutang ayahya, ia tidak bisa lepas dari pekerjaan yang membuatnya harus mencuri. Dengan cara yang cerdas dan licin, ia selalu berhasil mencuri karya seni incarannya sesuai dengan keinginan “bos” nya, Dimitri Maropakis (Fred Melamed).

Ivan tak bisa lepas dari pekerjaan itu karena masih terikat hutang ayahnya dengan Dimitri. Untuk lepas dari Dimitri dan pekerjaan itu ia meminta bantuan pada kakak laki-lakinya, Ray Warding (Ebon Moss-Bachrach) dan perempuan yang mengaku sebagai seorang aktris, Elyse Tibaldi (Emily Ratajkowski), yang tak sengaja ia temui di salah satu pameran lukisan.

Konflik dalam film yang disutradarai oleh Matt Asselton dan juga ditulis oleh Matt Asselton dan Adam Nagata ini terbilang sangat sederhana menurut saya. Jalan cerita berjalan terasa lambat dan membosankan. Sudah menonton beberapa kali film Theo James, saya pikir Lying and Stealing adalah film dengan cerita yang paling buruk untuk aktor sekelas Theo James.

Melihat Theo James ada dalam film ini saya berharap cerita film ini akan bagus sama seperti film-filmnya yang pernah saya tonton sebelumnya.

Namun, mengenai karakter Theo James dalm film yang memiliki durasi sekitar satu jam empat puluh menit, menjadi seorang konsultan adalah karakter yang berbeda dari karakternya sebelumnya. Gayanya yang berperan sebagai konsultan mengingatkan saya pada gaya Patrick Jane dalam https://rinalmatien.com/2018/01/26/review-serial-tv-the-mentalist/ .

Bobot baris dialog dalam Lying and Stealing ini tidak terlalu berat, standarnya film drama kriminal pada umumnya. Akan tetapi ada satu dialog yang membuat pertanyaan besar di kepala saya tentang maksud dari baris kalimat mengenai nama kucing dan menganut agama Islam;

Elyse: “I have to feed my cat.”

Ivan: “You got a cat?”

Elyse: “Yep.”

Ivan: “Didn’t figure you for a cat lady.”

Elyse: “Just because I have a cat doesn’t make a cat lady.”

Ivan: “That’s true. What is it called?”

Elyse: “Cat Stevens.”

Ivan: “You got a cat called Cat Stevens?”

Elyse: “Yep.”

Ivan: “You’re gonna have to change his name.”

Elyse: “Hmm, what, whet it convert to Islam?”

Baris kalimat terakhir di atas yang membuat saya bertanya-tanya apa maksud kalimat tersebut.

Teman-teman ada yang bisa menjelaskan jika sudah menonton film ini? hehe