Burn Your Maps (2019)

Sejak kemunculannya di film Room https://rinalmatien.com/2018/01/20/review-film-room-2015/, saya selalu menunggu film-film Jacob Tremblay. Tak lama berselang film Room tahun 2015, saya mendengar berita bahwa film Jacob Tremblay selanjutnya adalah Burn Your Maps. Namun saya tak menemukan film itu dimanapun.

Ternyata film garapan Jordan Roberts ini hanya ditayangkan premier di Toronto International Film Festival pada 9 September 2016, dan baru dijadwalkan rilis oleh Vertical Entertainment pada 21 Juni 2019.

Burn Your Maps mengisahkan seorang anak 8 tahun, Wes Firth (Jacob Tremblay), yang terobsesi dengan hal yang berhubungan dengan Mongolia.

Sejak tragedi yang terjadi di keluarga Wes atas kematian adik Wes, orang tua Wes, Connor Firth (Martin Csokaz) dan Alise (Vera Farmiga), memiliki sesi terapi karena mereka selalu berselisih dan tak pernah bercinta lagi sejak itu. Sementara Wes seperti menemukan dunia baru dengan hal-hal yang berhubungan dengan Mongolia untuk menghilangkan rasa sedihnya. Bahkan ia merasa bahwa ia adalah orang Mongolia dengan nama lahir Ganzorig.

Setiap hari tingkah Wes yang sangat terobsesi dengan Mongolia dengan berpakaian dan berperilaku seperti orang Mongolia membuat Connor jengah. Hal itu membuat Connor dan Alise (yang tak pernah keberatan dengan sikap Wes) selalu bertengkar.

Cerita yang diangkat dari cerita pendek dengan judul yang sama yang ditulis oleh Robyn Joy Leff ini mengangkat ide cerita yang sederhana. Meskipun begitu, ada beberapa hal menarik dan momen-momen yang menjadikan film ini bisa jadi rekomendasi film yang layak ditonton. Diantaranya adalah:

  • Temen-temen bisa belajar sedikit tentang tata bahasa Inggris dari kelas bahasa Inggris Alise.
  • Semangat dan Senyum hangat Alise ketika melihat anaknya mendapatkan apa yang diinginkan.
  • Pemandangan beberapa tempat di Mongolia yang indah.
  • Melihat Cute-nya Jacob Tremblay mengenakan baju Mongolia.