Annabelle Comes Home (2019)

Bagi pecinta semestanya The Conjuring atau The Conjuring Universe pasti menunggu-nunggu atau penasaran dengan cerita si boneka pembawa teror alias boneka Annabelle. Di bulan Juni ini cerita boneka ini mengisi bioskop-bioskop dunia termasuk Indonesia. Dan apakah Annabelle Comes Home bisa jadi rekomendasi tontonan horor yang layak untuk ditonton? Simak ulasannya berikut ini.

Sesuai dengan judulnya, Annabelle Comes Home, boneka Annabelle dibawa pulang oleh dua karakter utama The Conjuring, pasangan suami istri Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga), supaya tidak lagi membuat teror-teror pada manusia di sekitarnya.

Setelah dibacakan doa-doa, Annabelle disimpan di ruang khusus, dimasukkan ke dalam lemari, dan dikunci.

Di cerita Annabelle Comes Home, Ed dan Lorraine bukanlah pemain utama dalam film ini, melainkan anak perempuan remaja mereka, Judy Warren (Mckenna Grace).

Ketika Ed dan Lorraine harus pergi meninggalkan Judy sendiri di rumah, ia meminta Mary Ellen (Madison Iseman) untuk menjaga Judy atau menjadi baby sitter-nya Judy.

Pada mulanya keadaan di rumah tersebut tentram, damai, dan baik-baik saja. Hingga datangnya seorang tetangga Judy, Daniela Rios (Katie Sarife), yang jahil dengan rasa ingin tahunya dengan ruangan kerja milik Ed dan Lorraine yang terkunci, yang juga di dalamnya tersimpan boneka Annabelle. Apakah Daniela berhasil menemukan kunci dan masuk ke dalam ruangan itu dan apa yang terjadi selanjutnya? Jawabannya ada dalam keseluruhan film ini, hehe.

Penuturan cerita yang digarap oleh James Wan dan Gary Dauman ini sama seperti cerita semestanya The Conjuring sebelumnya, dari cara terornya, plotnya, sampai nuansanya. Namun dalam Annabelle Comes Home nuansa horornya tidak terlalu terasa bagi saya. Ditambah lagi ada adegan dan dialog kocak yang disajikan melalui tokoh Bob. Hasilnya, efek jump-scare atau teror tak membuat saya kaget atau merasakan ketegangan sama sakali.

Dari narasi pun tak ada yang istimewa dari cerita Annabelle Comes Home. Bahkan jalan ceritanya sangat mudah bisa ditebak. Meskipun membawa tokoh Ed dan Lorraine ke dalam film ini yang muncul di awal dan akhir cerita, tak lantas membuat film ini menjadi istimewa dan menarik.

Tontonan film horor yang biasanya tidak baik untuk ditonton anak-anak karena adanya adegan sadis dan kekerasan mental, saya rasa Annabelle Comes Home terbilang film horor yang lembut. Jadi anak-anak (mungkin) bisa menonton film ini.