Crawl (2019)

Bagi para pecinta film disaster movie, Film Crawl yang sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia ini bisa menjadi rekomendasi film yang layak untuk ditonton. Kenapa? Simak sinopsis dan ulasannya berikut ini.

SINOPSIS

Seorang atlit renang, Haley Keller (Kaya Scodelario), berjuang menyelematkan ayahnya, Dave Keller (Barry Pepper) di tengah badai besar dan serangan aligator-aligator raksasa.

Ketika mendapat kabar dari kakak Haley, Beth Keller (Moryfydd Clark), bahwa akan ada badai besar di kawasan Florida, Haley mengkhawatirkan keadaan ayahnya yang tak menjawab panggilan telponnya. Alih alih menjauhi tempat yang akan terjadi badai tersebut, Haley malah sengaja mendatangi lokasi tersebut untuk mencari tahu tentang keadaan ayahnya.

Dengan melewati jalur yang dilarang dilewati oleh para petugas, Haley nekat membawa mobilnya menuju kondo sang ayah, namun hasilnya nihil hanya ada seekor anjing keluarga mereka yang bernama Sugar.

Kemudian Haley menuju rumah keluarga yang seharusnya sudah dijual setelah perceraian ayah dan ibunya. Truk ayahnya terparkir di luar, dan Haley masuk ke setiap sisi rumah. Ia menemukan ayahnya tak sadarkan diri dengan tubuh tercabik dan berdarah. Pada saat Haley sedang mengevakuasi tubuh ayahnya, tiba-tiba aligator raksasa muncul dan menyerang Haley.

Ide cerita dari film yang disutradarai oleh Alexandre Aja ini sebenarnya menyajikan cerita disaster movie yang jamak seperti film-film disaster movie yang pernah ada. Akan tetapi ada beberapa hal menarik dan lebih realistis dalam film ini.

DISASTER MOVIE DENGAN ELEMEN HOROR

Crawl merupakan film bencana yang dibalut dengan elemen horor. Melihat para aligator raksasa yang menyerang Haley dan siapapun yang berada dalam bencana alam tersebut, dalam beberapa adegan membawa penonton ikut merasakan ketegangan dan ketakutan yang dirasakan oleh karakter dalam film ini. Sensasi ketegangan berhasil disuguhkan oleh film ini.

IDE CERITA YANG REALISTIS

Badai dan banjir yang memporak-porandakan semua isi kota adalah bencana alam yang sering terjadi di beberapa belahan dunia. Munculnya serangan aligator raksasa menjadi nampak realistis daripada hiu yang menyerang manusia. Perenang, Air, dan aligator adalah hal yang saling berkesinambungan dengan ide cerita Crawl.