Knives Out (2019)

Film Knives Out sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Film ini rilis premier di Toronto International Film Festival (TIFF) pada 7 September 2019, dan rilis di Amerika pada 27 November 2019.

Diisi dengan sederet bintang hollywood ternama, Knives Out mengisahkan tentang penyelesaian sebuah kasus bunuh diri yang dilakukan oleh seorang novelis kriminal yang kaya raya, Harlan Thrombey (Christopher Plummer).

Pada usianya yang memasuki 85 tahun, Harlan Thrombey mengundang semua anak, menantu, dan cucunya untuk pesta ulang tahunnya. Namun pada pagi harinya, Harlan sudah ditemukan tak bernyawa dengan leher tergorok dan pisau yang ada di tangannya.

Dengan kasus yang nampak seperti bunuh diri tersebut, seorang detektif, Benoit Blanc (Daniel Craig), awalnya ingin menutup kasus tersebut. Namun ia berubah pikiran pada saat melihat anak-anak dan cucu-cucu Harlan yang nampak seperti keluarga yang disfungsional. Masing-masing dari mereka menjadi sasaran investigasi Blanc.

Blanc meminta bantuan perawat pribadi Harlan, Marta Cabrera (Ana de Armas), yang telah menceritakan semua kejadian sebelum kematian Harlan untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Film yang disutradarai, ditulis, juga diproduseri oleh Rian Johnson ini menyuguhkan cerita yang cukup kompleks dan mendalam pada beberapa karakter film ini.

Diisi oleh sederet bintang hollywood yang sudah memiliki jam terbang di dunia per-film-an seperti Daniel Craig, Chris Evans, Toni Collette, Christopher Plummer, Lekeith Stanfield, Don Johnson, Jamie Lee Curtis, Ana de Armas, Michael Shannon, dan Jaeden Martell atau Jaeden leiberher, film yang mengangkat tema kriminal misteri pembunuhan ini mampu membuat penonton tak bisa menebak cerita dengan ekspresi akting mereka yang mumpuni.

Dengan konflik dan jalan cerita yang ‘bertingkat-tingkat’, durasi waktu selama dua jam tak membuat penonton merasa bosan dengan setiap pengungkapan kasus kematian Harlan.

Cerita nampak menarik karena di awal sudah diceritakan oleh Marta tentang kronologi sebelum kematian Harlan dan selanjutnya justru menyajikan karakter Marta mengenai nasibnya dan juga menjadi jantung cerita film ini.

Kadang film yang mengangkat tema detektif membosankan bagi saya. Namun tidak dengan film Knives Out. Film Knives Out bisa menjadi rekomendasi film yang layak ditonton di akhir tahun ini.