Star Wars: The Rise of Skywalker (2019)

Film yang trailernya banyak mendapatkan reaksi antusias dan ditunggu oleh para penggemarnya juga pencinta film ini sedang tayang di bioskop di Indonesia sejak 18 Desember 2019.

Star Wars: The Rise of Skywalker dikatakan oleh sang sutradara J.J. Abrams ini bahwa Star Wars: The Rise of Skywalker merupakan seri terakhir dari film Star Wars.

Melanjutkan kisah sebelumnya (yang belum nonton harus nonton dulu, hehe), Star Wars: The Last Jedi, sisa dari kelompok Resistance yang dikomandoi oleh Leia Organa (Carrie Fisher), dan 3 pejuang andalannya; Rey (Daisy Ridley), Poe Dameron (Oscar Isaac), dan Finn (John Boyega) harus melawan First Order yang dipimpin oleh Kylo Ren (Adam Driver).

Ren masih terobsesi untuk mengalahkan Rey dan masuk ke dalam bagian First Order. Bukan cuma Ren yang menginginkan Rey mati, akan tetapi Palpatine juga menginginkan Ren membunuh Rey untuk mendapatkan kekuatan yang dimiliki oleh Rey.

Dari segi cerita, tak ada yang istimewa yang disuguhkan dari film ini. Namun dari segi efek visual, Star Wars: The Skywalker tentunya tak perlu diragukan lagi. Dari awal hingga akhir penonton disuguhkan dengan efek visual seperti nyata hingga membuat saya seperti naik rolercoaster alias merasa ketegangan yang hanya diberi jeda sedikit untuk rileks.

Karakter Rey dalam film yang berdurasi selama kurang lebih dua jam tiga puluh menit ini lebih emosional dari karakter sebelumnya.

Ada berapa baris kalimat sederhana namun menjadi sebuah kekuatan untuk Rey (atau penonton) dituangkan dalam film ini. Salah satunya adalah:

Never be afraid of who you are.”

Bagi yang mempertanyakan siapa orangtua Rey sejak kemunculannya di Star Wars: The Force Awaken, dalam film ini penonton akan mendapatkan jawabannya. Begitu juga dengan spekulasi apakah Rey akan masuk ke dalam golongan gelap dari beberapa gambar yang beredar di media sosial.

Saya bukan penggemar film Star Wars dari awal, dan baru benar-benar mengikuti film yang sudah ada sejak tahun 1977 ini saat muncul Star Wars: The Force Awaken, dan entah mengapa selalu menyenangkan melihat para pemain inti film ini baik dalam karakter mereka masing-masing maupun dalam interview-interview yang mereka lakukan.

May the force be with us ⚔️ 😊